Luar Biasa, Unsri Tambah Lima Guru Besar

Luar Biasa, Unsri Tambah Lima Guru Besar

Anis Saggaff menyerahkan gordon kepada lima guru besar baru Unsri, Rabu 26 Oktober 2022. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Universitas Sriwijaya (Unsri) menambah lima guru besar. Pengukuhan terhadap lima guru besar itu dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Sriwijaya Prof Anis Saggaff di Graha Sriwijaya Unsri, Palembang, Rabu 26 Oktober 2022. Yakni: 

1. Prof Dr Ir M Faizal, DEA sebagai Guru Besar bidang ilmu Teknik Kimia Fakultas Teknik. Judul disertasi: Prospek dan Pemanfaatan Limbah Menjasi Energi (Waste to Energy) Untuk Menopang Ketahanan Energi Nasional.

2. Prof Dr Ir A Muslim, MAgr sebagai Guru Besar bidang ilmu Penyakit Tumbuhan pada Fakultas Pertanian. Judul disertasi: Aplikasi Pestisida Mikrobia Sebagai Solusi Jaminan Keamanan Pangan Untuk Mendukung Pertanian Berkelanjutan.

3. Prof Dr Ir Elisa Wildayana MSI sebagai Guru Besar bidang ilmu Agribisnis pada Fakultas Pertanian. Judul disertasi: Berkelanjutan Plasma Kelapa Sawit Berdasarkan Efisiensi Produksi.

BACA JUGA:Dikukuhkan Menjadi Guru Besar Unsri, Ini Profil Prof Armina

4. Prof Dr Ir Suwandi, M.Agr sebagai Guru Besar bidang ilmu Proteksi Tanaman pada Fakultas Pertanian. Judul disertasi: Biostimulan Tanaman dari Bahan Lokal untuk Proteksi.

5. Prof Dr Ir Yulia Pujiastuti, MS sebagai Guru Besar bidang ilmu Hama Tumbuhan Pada Fakultas Pertanian. Judul disertasi: Pengendalian Hayati Serangga Hama Berbasis Entomopatogen dalam Mendukung Pertanian Berkelanjutan.

"Guru Besar ini ialah pangkat, alhamdulillah Unsri telah menambah Guru Besar lagi. Ini pengukuhan Guru Besar pertama dalam tahun ini yang dikukuhkan langsung lima Guru Besar, selama ini biasanya hanya satu sampai tiga Guru Besar saja," kata Rektor Universitas Sriwijaya Prof Anis Saggaff kepada awak media.

Anis Saggaff menjelaskan, syarat menjadi Guru Besar perlu potensi poin 300 lebih untuk saat ini, untuk persyaratan akan bertambah terus setiap tahun.

BACA JUGA:Guru Besar UGM Meninggal Akibat Kecelakaan di Tol Cipali

“Syarat utama untuk menjadi Guru Besar Universitas harus mempunyai poin lebih dari 300 dan memiliki jurnal reputasi internasional. Rata-rata Guru Besar Unsri memiliki 850 sampai 1.000 poin,” jelasnya.

Lanjut Anis, guru besar merupakan hal yang penting dihitung untuk kemajuan universitas agar berkiprah lebih besar.

"Pengukuhan hari ini ada empat Guru besar dari Pertanian, satu dari Teknik. Saya berharap kepada lima Guru Besar tersebut agar siap memajukan Universitas Sriwijaya jauh lebih baik. Saat ini Unsri ada 151 Guru Besar," tukasnya.

Dalam pengukuhan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Riza Fahlevi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: