Jelang Penilaian SAKIP, OPD Siapkan Data Akurat

Jelang Penilaian SAKIP, OPD Siapkan Data Akurat

RAPAT : Pj Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH memimpin rapat Pembahasan Paparan Sakip Tahun 2022 serta Penguatan Implementasi SAKIP di Lingkungan Pemkab Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO  - Menjelang penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2022.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah H Riswandar SH MH, dengan tegas menginstruksikan seluruh OPD agar menyiapkan data akurat dan dapat dipertanggungawabkan guna mewujudkan laporan SAKIP yang baik.

Penegasakan itu disampaikan Riswandar saat memimpin Rapat Pembahasan Paparan Sakip Tahun 2022 serta Penguatan Implementasi SAKIP di Lingkungan Pemkab Muara Enim, di Ruang Rapat Serasan III Kantor Bupati Muara Enim, Senin 24 Oktober 2022.

Riswandar menyampaikan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) akan melakukan evaluasi.

BACA JUGA:Panwascam Wajib Bebas Narkoba dan Sehat Jasmani Rohani

Terkait itu, kata dia, masing-masing kepala perangkat daerah tanpa berwakil memaparkan SAKIP dan program reformasi birokrasi masing-masing. 

Untuk itu, dirinya mengintruksikan kepada jajaran OPD untuk mempersiapkan paparan dengan data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan guna mewujudkan laporan Sakip yang baik.

“Paparan Sakip Tahun 2022 ini harus disiapkan dengan baik, untuk laporan sakip Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 ini lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya,”tegasnya.

Lebih lanjut, Riswandar menambahkan OPD untuk selalu berlatih diri dengan sebaiknya, dan harus punya leader ownership, yaitu keterlibatan pimpinan dalam proses perencanaan.

BACA JUGA:KPU Kota Lubuklinggau Masih Temukan Anggota Partai Siluman

“Serta harus benar-benar memahami manajemen kinerja dan manajemen strategis, bukan hanya melaksanakankegiatan administrasi belaka,” ingatnya.

Untuk diketahui, di tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Muara Enim torehkan prestasi dengan mempertahankan nilai tertinggi dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) 17 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam penilaian yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI tersebut, hasil evaluasi tahun 2021, baik SAKIP maupun RB Kabupaten Muara Enim mengalami peningkatan dengan nilai SAKIP memperoleh 74,54 atau predikat BB (sangat baik), naik 1,06 poin dan nilai RB memperoleh 59,42 atau predikat CC (cukup baik), juga naik 0,80 poin dari tahun sebelumnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: