Mau Hemat Listrik? Gunakan Tips Berikut

Mau Hemat Listrik? Gunakan Tips Berikut

Sendy Rudianto. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Token listrik yang dikeluarkan PLN sebagai pengganti pemakaian pascabayar, banyak digunakan pelanggan.

Manajer Humas PT PLN Persero UIW S2JB Sendy Rudianto mengatakan, agar penggunaan listrik tidak membengkak, penting masyarakat harus mengetahui cara menghematnya. 

"Ini gunanya, untuk lebih efektif dan efisien dalam pemakaian listrik," kata Sendy,  di ruang kerjanya, Senin 24 Desember 2022.  

Apa saja cara Anda untuk menghemat listrik ?

Berikut ini tujuh cara menghemat listrik di rumah:

BACA JUGA:PLN Batalkan Program Kompor Listrik

1. Tidak menghidupkan barang elektronik yang tidak digunakan

Maksudnya : mematikan semua alat elektronik yang tidak digunakan di rumah merupakan cara yang sangat ampuh untuk menghemat listrik dan mengurangi tagihan secara signifikan. Mulailah membiasakan diri untuk selalu mencabut kabel yang tidak terpakai.

2. Mengatur pemakaian listrik untuk barang elektronik daya listrik besar

Banyak peralatan elektronik saat ini yang sudah memiliki elektronik daya listrik besar seperti AC, kulkas, mesin cuci dan lainnya. Mulailah membiasakan diri untuk selalu mencabutnya apabila tidak diperlukan. 

3. Gunakan Lampu Seperlunya 

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan tagihan listrik adalah menyalakan lampu di siang hari atau saat tidak berada di rumah. Di siang hari, akan lebih baik jika mematikan lampu-lampu di rumah dan memanfaatkan sinar atau cahaya matahari yang masuk.

BACA JUGA:Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

4. Turunkan Suhu Kulkas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: