Makam Putri Pinang Masak Pernah Didatangi Peziarah Asal Mesir

Makam Putri Pinang Masak Pernah Didatangi Peziarah Asal Mesir

Foto : Hetty/Sumeks.co Makam Putri Pinang Masak di Desa Senuro, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir. -Hetty-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Makam Putri Pinang Masak yang berada di Desa Senuro Kecamatan Tanjung Batu, merupakan salah satu makam keramat yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Nama Putri Pinang Masak ternyata tersohor hingga ke luar Provinsi Sumsel bahkan luar negeri, salah satunya Mesir. Betapa tidak, Makam Putri Pinang Masak pernah kedatangan peziarah asal Mesir.

Menurut Erwin, Pengurus Makam Putri Pinang Masak, peziarah asal Mesir tersebut pernah bermimpi tentang Putri Pinang Masak. Menindaklanjuti mimpinya, peziarah tersebut pun mencari informasi tentang keberadaan Makam Putri Pinang Masak.

"Dia mencari-cari informasi tentang Putri Pinang Masak melalui internet. Lalu, datang kesini untuk berziarah," terang Erwin kepada SUMEKS.CO.

BACA JUGA:Aliran Sungai Lubok Maro Berbeda Warna, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Ditambahkan Erwin, sejumlah peziarah juga datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Makasar, Jambi, dan lain-lain. Sebagian besar peziarah ini datang untuk memanjatkan doa bagi Putri Pinang Masak.

"Kami selalu ingatkan kepada para peziarah, bahwa ketika berziarah ke makam putri ini tidak boleh salah niat. Karena, kita sebagai manusia harus memohon kepada Allah SWT bukan ke yang lain," tegasnya.

Erwin menyebut, Makam Putri Pinang Masak ini biasanya didatangi oleh pengunjung pada Hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Namun, setiap tahunnya ada hari tertentu yang ramai di datangi peziarah.

"Biasanya sesudah Lebaran Idul Fitri ramai peziarah. Dan juga menjelang ujian akhir, biasanya banyak pelajar yang kesini," lanjutnya.

BACA JUGA:Mengenal Kain Tenun Perelung Khas Pagaralam

Disinggung mengenai ritual khusus yang harus dilakukan peziarah ke Makam Putri Pinang Masak, Erwin menyebut tidak ada, peziarah hanya diminta untuk memperhatikan tata cara atau mengedepankan adat kesopanan saat memasuki komplek makam.

"Disini kita menyediakan alas duduk bagi para peziarah yang ingin berdoa di samping makam. Kemudian, peziarah juga hanya diminta untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW," paparnya.

Erwin juga mengingatkan kepada para peziarah supaya tidak memiliki niat yang aneh-aneh saat berkunjung ke Makam Putri Pinang Masak. Apabila hal itu dilakukan, maka akan terjadi sesuatu yang ganjil di desa tersebut.

"Biasanya dua atau tiga hari ada saja warga yang bermimpi di datangi Putri Pinang Masak," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: