Hasil Kualifikasi MotoGP Malaysia 2022: Bagnaia Crash, Jorge Martin Pole Position

Hasil Kualifikasi MotoGP Malaysia 2022: Bagnaia Crash, Jorge Martin Pole Position

Pembalap Tim Pramac Ducati, Jorge Martin.-Foto: motogp-

SUMEKS.CO - Jorge Martin maraih pole position pada kualifikasi MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada Sabtu, 22 Oktober 2022. Dengan catatan satu menit 57,790 detik.

Pebalap tim Pramac Racing itu mencetak lap tercepat di Sepang yang unggul 0,456 detik dari Enea Bastianini.

Rider Spanyol tersebut merebut posisi starting grid terdepan sekaligus memecahkan rekor putaran terbaik di Sirkuit Sepang dengan waktu 1 menit 57,790 detik.

Posisi tiga terdepan diisi oleh Jorge Martin sebagai pemegang pole position kemudian Enea Bastianini (Gresini Racing) dan Marc Marquez (Repsol Honda).

BACA JUGA:Wah Gawat, Bagnaia Jauh Lebih Cepat Ketimbang Quartararo, Hasil FP2 MotoGP Sepang Malaysia

Sementara, tiga pembalap teratas di klasemen, Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro kewalahan menemukan kecepatan saat kualifikasi.

Sepang, yang baru kembali menggelar MotoGP sejak 2019 karena terganjal pandemi, menawarkan peluang pertama bagi Bagnaia untuk mengunci gelar juara dunia sebelum seri penutup di Valencia dua pekan berselang.

Empat pebalap teratas di klasemen masih berpeluang untuk memperebutkan titel MotoGP.

Pebalap Ducati Bagnaia merebut puncak klasemen dengan keunggulan 14 poin atas Fabio Quartararo ketika sang rival dari tim Yamaha terjatuh dan gagal menyelesaikan lomba di Australia pekan lalu.

BACA JUGA:Brad Binder Catat Waktu Tercepat pada FP1 MotoGP Malaysia

Akan tetapi, sang pebalap Italia harus berjuang melewati Q1 terlebih dahulu sebelum terjatuh saat mencoba memperbaiki catatan waktunya di sesi kedua kualifikasi (Q2), demikian pula Aleix Espargaro dari tim Aprilia yang masih berpeluang merebut gelar juara dunia.

Bagnaia akan start dari P9 satu posisi di depan Espargaro, yang terpaut 24 poin di peringkat tiga klasemen.

Sedangkan Quartararo, yang didera rentetan penampilan buruk setelah jeda musim panas, akan mendapat tugas berat untuk membalikkan keadaan dengan modal P12 di starting grid.

Bagnaia dapat mengunci gelar pertamanya di kelas premier apabila ia memenangi balapan pada Minggu nanti dan Quartararo finis di luar tiga besar. Apabila tidak, pertarungan akan dilanjutkan ke seri terakhir di Valencia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: