70 Negara Ambil Bagian di Kejuaraan Dunia Wushu Junior

70 Negara Ambil Bagian di Kejuaraan Dunia Wushu Junior

--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) akan punya gawe besar. Mereka akan menyelenggarakan kejuaraan level dunia pada 2-11 Desember 2022. Kejuaraan Dunia Wushu Junior digelar di ICE BSD Tangerang.

Tercatat ada 70 negara yang akan ambil bagian. Tema yang diusung adalah 'Road to Olympic', dimana atlet yang tampil akan dipersiapkan terjun di Olimpiade Junior sambil terus mengupayakan cabang olahraga wushu dipertandingkan pada Olimpiade 2028. Jika itu tercapai, Indonesia telah punya bibit untuk bersaing.

Pada Kejuaraan Dunia awal Desember nanti, Indonesia bersiap menurunkan 28 atlet terbaiknya. Diharapkan, di antara mereka mampu mempersembahkan empat medali emas sesuai target yang dicanangkan.

Sejauh ini, Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto dinilai cukup lihai memunculkan bibit-bibit atlet usia muda di Tanah Air.

BACA JUGA:Raih Juara II Nasional, Belajar Hingga Larut Malam

"Apa yang telah dibangun Pak Airlangga Hartarto itu bukan hanya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) tetapi juga menyambut wushu yang akan dipertandingkan pada Olimpiade 2032," kata Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Gunawan Tjokro yang juga Direktur Eksekutif 8th World Junior Wushu Championship 2022.

Yang lebih membanggakan, kata Gunawan Tjokro, Federasi Wushu Internasional (IWUF) mengakui bahwa PB WI pimpinan Airlangga Hartarto telah banyak melakukan kegiatan di masa pandemi Covid -19 dengan melakukan terobosan mengadakan pertandingan-pertandingan secara virtual yang akhirnya diikuti juga oleh negara negara lain. 

Airlangga sendiri menyatakan bahwa Indonesia patut bangga terhadap para atletnya, terutama atlet wushu yang telah menyumbangkan prestasi di tingkat internasional. 

Tercatat selama beberapa tahun terakhir, atlet wushu Indonesia meraih banyak prestasi pada ajang internasional. Mulai dari SEA Games 2017 di Malaysia, Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, SEA Games 2019 Filipina dan SEA Games 2021 Vietnam.

BACA JUGA: Wali Kota Prabumulih Ikut Lari Kelereng Hingga Makan Kerupuk

Pada Kejuaraan Dunia Wushu 2019 di China, Indonesia juga patut berbangga karena mampu membawa pulang 3 medali emas dan 1 perunggu. Ini semua tak lepas dari terus bergulirnya kejuaraan dan regenerasi berjalan dengan baik. 

"Pemahaman terhadap pembinaan olahraga yang berjenjang dan berkesinambungan, program regenerasi atlet dan peningkatan kualitas pelatih menjadi prioritas dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi wushu di masa yang akan datang," kata Airlangga Hartarto.

Pria yang juga menjabat Menko Perekonomian ini juga dianggap sebagai pemimpin yang mampu mensinergikan antara pengurus wushu di pusat dengan di daerah.

BACA JUGA:Dinkes Lubuklinggau Panggil Pemilik Apotek, Rumah Sakit dan Toko Obat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: