Kasus Arya Mahasiswa UIN, Kasinyo Harto : Coreng Lembaga Pendidikan jika tak Segera Dituntaskan

Kasus Arya Mahasiswa UIN, Kasinyo Harto : Coreng Lembaga Pendidikan jika tak Segera Dituntaskan

Prof Dr Kasinyo Harto MA--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Prof Dr Kasinyo Harto MA, Pengamat Pendidikan sekaligus Guru Besar Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) Palembang menilai, citra lembaga Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang akan  tercoreng dan berdampak buruk jika kasus penganiayaan yang dilakukan mahasiswanya tidak segera diselesaikan.

Kasus kekerasan antar mahasiswa yang dilakukan oknum mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang beberapa waktu lalu, hingga sekarang belum menemui titik terang.

Meski pihak rektorat sudah beberapa kali memanggil terduga pelaku untuk meminta penjelasan, namun belum pasti langkah apa yang akan diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Prof Dr Kasinyo Harto mengatakan, pihak rektorat harus segera mengklarifikasi ke publik dan memberikan sanksi tegas kepada oknum mahasiswanya yang diduga melakukan tindakan kekerasan. Hal ini perlu dilakukan demi menjaga nama baik UIN Raden Fatah.

BACA JUGA:Tuntutan Demo Mahasiswa UIN Raden Fatah ke DPRD Sumsel, Dinilai Tindakan Kontraproduktif

"Ya, memang harus segera diselesaikan dan diklarifikasi ke publik," kata Kasinyo saat dibincangi SUMEKS.CO, Selasa malam 18 Oktober 2022.

Menanggapi pengakuan dari oknum mahasiswa yang mengatakan bahwa korban melakukan penghianatan, Kasinyo secara tegas menyampaikan hal tersebut  masih  sumir dan perlu diperdalam karena tuduhan tersebut dinilai ambigu dan multitafsir.

"Apapun alasannya, tindak kekerasan tidak boleh ditolerir," tegasnya.

Kasinyo menilai, jika kasus ini dibiarkan berlarut tanpa adanya tindakan tegas dari rektorat UIN Raden Fatah kepada para terduga pelaku, maka dipastikan citra lembaga pendidikan akan berdampak buruk ditengah masyarakat. Lebihnya lagi, stigma negatif akan timbul akibat tindakan kekerasan tersebut.

BACA JUGA:Rusia Berduka, Pesawat Tempur Jatuh Sebabkan 13 Orang Tewas

"Kalau dilihat secara utuh persoalan ini bisa diselesaikan secara cepat sebelum viral di media sosial. Karena dampaknya pada kelembagaan itu sendiri. Harus ditangani secara responsif dan sesegera  mungkin agar tidak menimbulkan keresahan dikalangan masyarakat," tambah Kasinyo.

Kendati demikian, Kasinyo meyakini bahwa pimpinan  UIN Raden Fatah sudah melakukan semaksimal mungkin untuk menangani kasus ini dan secepatnya memberikan klarifikasi ke publik terkait langkah tegas yang diambil untuk memberi sanksi kepada terduga oknum pelaku, sehingga dapat memenuhi rasa keadilan bagi korban .

"Sekalipun terkesan lambat untuk memberikan klarifikasi ke publik, tapi dengan adanya tindakan tegas saya rasa itu cukup untuk menjawab pertanyaan liar yang selama ini timbul pada masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut Kasinyo berharap, kiranya masyarakat tidak mendiskreditkan  lembaga UIN Raden Fatah dan dapat memilah soal hukumnya , bukan digunakan untuk moment menjatuhkan citra UIN Raden Fatah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: