Jangan Panik, Inilah 8 Cara Menenangkan Bayi Menangis yang Tepat

Jangan Panik, Inilah 8 Cara Menenangkan Bayi Menangis yang Tepat

--

SUMEKS.CO - Mendengar bayi menangis bisa membuat orang tua bingung, khawatir, atau bahkan panik. Untuk mengatasinya, ada cara menenangkan bayi menangis yang efektif dan dapat di coba.

Menangis adalah cara bayi berkomunikasi untuk menyampaikan rasa tidak nyaman atau saat ia membutuhkan sesuatu. Oleh karena itu, bayi menangis bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Beberapa Alasan Bayi Menangis

Penting bagi Bunda untuk terlebih dahulu mengenali apa yang membuat Si Kecil menangis, sehingga lebih mudah menanganinya. Berikut ini adalah beberapa alasan bayi menangis:

  • Kelaparan
  • Popok sudah penuh atau basah
  • Kelelahan
  • Ingin dipeluk
  • Tubuhnya kedinginan atau kepanasan
  • Kolik

Selain itu, bayi yang sedang cegukan juga bisa menjadi lebih rewel. Frekuensi bayi menangis akan memuncak dalam 7 minggu pertama setelah dilahirkan. 

BACA JUGA:Masih Utuh, Mayat Wanita Terbungkus Plastik di Bekasi Bukan Korban Mutilasi, Pembunuhan Terjadi Diluar TKP

Namun, tangis bayi akan berkurang secara perlahan seiring waktu.

Berbagai Cara Menenangkan Bayi

Saat Si Kecil terus menangis dan rewel, Bunda tidak perlu panik. Ada beberapa cara menenangkan bayi yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Menyelimuti bayi dengan kain

Menyelimuti tubuh bayi dengan kain atau dikenal juga dengan istilah bedong, merupakan salah satu cara yang efektif untuk menenangkan bayi. Cara ini dipercaya bisa memberikan efek seakan-akan bayi sedang berada di dalam rahim ibunya.

Tak hanya itu, metode bedong juga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak, karena dapat menekan refleks kejut yang sering kali dialami bayi saat tidur.

BACA JUGA:Lima Motor Siswa Hancur Tertimbun saat Tembok SMAN 1 Sukajaya Bogor Roboh, Petugas Evakuasi, Ada Korban?

2. Menggendong bayi dalam posisi telungkup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: