Dinas PUPR Kesulitan Tangani Sekanak Lambidaro

Dinas PUPR Kesulitan Tangani Sekanak Lambidaro

Sungai Sekanak Lambidaro. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kondisi air di Sungai Sekanak Lambidaro tidak dapat mengalir saat kemarau ataupun ketika surut.

"Kalau saat ini belum siap, dikarenakan air limbah masih masuk ke sungai, kalau dibendung malah bau dan cepat mengalami sedimentasi," kata Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Palembang, Marlina Sylvia ketika dihubungi SUMEKS.CO, Sabtu 15 Oktober 2022.

Marlina Sylvia menjelaskan, untuk saat ini belum bisa dialirkan air di Sungai Sekanak Lambidaro saat surut atau kemarau.

BACA JUGA:CFN Sekanak Lambidaro Palembang Terus Ramai Dikunjungi

"Belum siap dikarenakan masih ada pembangunan IPAL, dan pembangunan Sungai Sekanak tahap II. Kalau menggunakan teknologi baru bisa seperti rekayasa teknologi yang ada di Belanda yaitu papan air dengan sistem buka dan tutup untuk mengatur aliran air, itu pun belum bisa diterapkan di Palembang untuk saat ini dikarenakan harus mengatasi permasalahan banjir terlebih dahulu," jelasnya.

Lanjut Marlina Sylvia, kondisi Sungai Sekanak Lambidaro memang saat ini tidak dapat mengalir saat kemarau ataupun saat surut karena hal tersebut.

Selain itu, Sungai Sekanak Lambidaro kini kondisi air keruh dan bau dikarenakan limbah sekitar.

"Hal itu dikarenakan limbah dari masyarakat sekitar dan limbah rumah makan mengalir ke Sungai Sekanak Lambidaro," ucapnya.

BACA JUGA:Jelang Car Free Night Sekanak Lambidaro, Tiga Jalan Ini Ditutup

Kendati demikian, Marlina Sylvia menyebutkan untuk mengatasi agar air tidak surut, keruh, dan bau yakni menyelsaikan bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) terlebih dahulu.

"IPAL ini kan percontohan pertamanya ialah Sungai Sekanak Lambidaro, jadi limbah masyarakat nantinya tidak akan mengalir ke Sungai Sekanak Lambidaro lagi kalau IPAL udah selesai, setelah IPAL dan Pembangunan Sekanak Lambidaro tahap II usai maka dapat diselesaikan permasalahan air surut, keruh dan bau tersebut dengan cara dapat dibuat teknologi seperti papan air atau fitur air," tutupnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palembang, H Ansori.

"Untuk saat ini memang keberadaan air susah mengalir ke Sungai Sekanak saat surut atau musim kemarau. Keberadaan air saat ini memang kurang maksimal dikarenakan masih ada pembangunan Sungai Sekanak tahap II," ungkapnya.

BACA JUGA:Wali Kota Palembang Harnojoyo Resmikan Car Free Night Sekanak Lambidaro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: