TMMD Bangun Jembatan dan Akses Jalan Persingkat Jarak Tempuh

 TMMD Bangun Jembatan dan Akses Jalan Persingkat Jarak Tempuh

TNI bersama warga memasang besi untuk pembangunan jembatan di Desa Cahya Bumi Kecamatan Lempuing OKI, Kamis 13 Oktober 2022.-Niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Kodim 0402/OKI di Desa Cahya Bumi, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), membangun jembatan dan akses jalan. 

Jembatan ini diharapkan mempersingkat jarak tempuh menuju desa tetangga dan kecamatan lainnya. Selama itu dari Desa Cahya Bumi menuju desa tetangga harus menempuh jarak 10 KM. 

“Kini dengan adanya jembatan dan akses jalan, menjadi 6 KM,” kata kepala Desa Cahya Bumi Komarodin SE. 

Desa tetangga yakni Tebing Suluh dan Bumi Arjo Makmur dan kecamatan lainnya melalui jalan setapak dan kebun karet, itupun jembatan dari kayu seadanya. 

BACA JUGA:Pemkab Ogan Ilir Meliburkan Sekolah Saat Hari Pencoblosan Pilkades Serentak

Lalu, mengenai jalan juga selalu rusak yakni berlumpur bila hujan turun. Padahal rata-rata anak-anak di Desa Cahya Bumi bersekolah di Desa tetangga. 

"Di desa kami ada sekolah tingkat SD dan SMP saja sedangkan tingkat SMA harus ke kecamatan. Sehingga dapat dibayangkan perjuangan anak-anak setiap hari untuk sekolah," ungkap Kades, kepada SUMEKS.CO, Kamis 13 Oktober 2022.

Masih kata Kades, jembatan yang ada ini hanya bisa dilintasi kendaraan sepeda motor saja karena setapak. Kini dilakukannya pembangunan jembatan bisa dilintasi oleh kendaraan mobil oleh seluruh masyarakat Desa  yang terdiri dari enam Dusun. 

"Jembatan yang dibangun dan akses ini bukan hanya untuk mempermudah aktivitas sekolah tetapi juga masyakarat membawa hasil buminya untuk dijual. Apalagi mempersingkat menuju transit tol," jelas Kades. 

BACA JUGA:Polres Lubuklinggau Sudah Pecat Empat Anggota Terlibat Narkoba

Diungkapkan Komarodin, rata-rata masyarakat Desa Cahya Bumi bekerja sebagai petani karet dan kelapa sawit serta sebagian bersawah. Semua hasil perkebunan dijual menuju Desa Bumi Arjo Makmur dan Tebing Suluh. 

Maka, jelas dengan adanya pembangunan jembatan dan akses jalan membuat kemudahan masyarakat dalam menjual hasil bumi. Dengan begitu dapat meningkatkan pendapatan masyarakat apalagi memang sangat dibutuhkan. 

"Alhamdulilah ada TMMD bangun jembatan dan jalan ini, kami tidak melintasi jalan dalam kebun karet dan jalan berlumpur. Akses jalan dilakukan pengerasan. Kami sangat berterima kasih," kata Kades. 

Komandan SSK TMMD Letda CKM Andi Kurniawan mengatakan, hari ini dimulai pembangunan jembatan dan juga akses jalan sepanjang 7 KM. Dimana sejak pagi tadi telah dimulai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: