Lawan Depresi dengan 13 Buah Ini

Lawan Depresi dengan 13 Buah Ini

Buah Strawberry.-Foto: pixabay-

JAKARTA, SUMEKS.CO - Tekanan pekerjaan, masalah keluarga bahkan urusan percintaan hingga keuangan bisa membuat orang stres dan memicu depresi.

Depresi adalah penyakit mental yang menyebabkan suasana hati yang buruk dan kehilangan minat dalam interaksi atau aktivitas

Depresi bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti, pengaturan suasana hati yang salah oleh otak, kerentanan genetik, peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, obat-obatan, dan masalah medis.

Gejala depresi mungkin berbeda dari individu ke individu.

BACA JUGA:Ini 6 Manfaat Buah Nangka, Nomor 1 Mengontrol Kadar Gula

Karena depresi memengaruhi seluruh tubuh termasuk otak, pola makan yang sehat bisa membantu seseorang untuk melawan penyakit, mengelolanya atau bahkan mencegahnya.

Salah satu gejala depresi adalah kurangnya minat untuk melakukan aktivitas normal seperti memasak atau bersih-bersih.

Karena banyak buah-buahan yang siap untuk dimakan, orang-orang yang mengalami depresi direkomendasikan untuk mengonsumsi buah-buahan.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Medium.com.

BACA JUGA:3 Camilan Rendah Kalori Nggak Bikin Gendut, Cocok Dimakan Saat di Kantor

1. Pisang

Pisang merupakan buah sehat yang kaya akan vitamin B6. Vitamin ini sangat penting dalam membantu otak membuat dan menggunakan serotonin yang merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh otak yang membantu menyeimbangkan suasana hati.

2. Mangga

Karena mangga memiliki lebih banyak vitamin C daripada jeruk, mengonsumsi mangga secara akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang, yang pada gilirannya akan membantu mereka melawan gejala dan efek depresi pada pikiran dan tubuh mereka.

BACA JUGA:Atasi Susah Tidur Anda dengan Makananan Alami ini

3. Pepaya

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah pepaya mengandung senyawa yang membantu tubuh mengatasi rasa sakit dan mengonsumsinya secara teratur bisa membantu orang yang depresi merasa lebih tenang.

4. Nanas

Nanas membantu meningkatkan kadar serotonin di otak yang membantu menstabilkan suasana hati dan karenanya membantu mengatasi depresi.

BACA JUGA:Anda Penderita Penyakit Jantung, Sebaiknya Hindari 15 Herbal Alami Ini

5. Blackberry

Blackberry dikemas dengan antioksidan yang membantu dalam perbaikan sel dan dalam menciptakan suasana hati yang bahagia pada orang yang berurusan dengan depresi.

6. Semangka

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menderita depresi dan kecemasan kronis memiliki kadar vitamin B6 yang lebih rendah.

Karena semangka dikemas dengan vitamin B6, semangka meningkatkan dan meningkatkan suasana hati orang-orang yang menghadapi depresi dan dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur.

BACA JUGA:Ubi Rebus Bisa Turunkan Tekanan Darah dan Jaga Sistem Imunitas

7. Raspberry

Raspberry kaya akan vitamin C yang dikaitkan dengan suasana hati yang lebih baik untuk orang yang menghadapi depresi dan kecemasan.

Konsumsi rutin buah ini juga membantu orang untuk mengatasi stres sehari-hari.

8. Alpukat

Alpukat dikemas dengan triptofan dan asam lemak omega-3.

Senyawa ini dipercaya bisa membantu dalam memerangi depresi.

BACA JUGA:Merah Saat Kerokan Dianggap Masuk Angin, Ternyata Salah

Untuk orang yang tidak rutin mengonsumsi ikan dalam makanannya, alpukat memberikan pengganti yang baik karena mengandung asam lemak omega-3.

9. Aprikot

Aprikot kaya akan beta karoten. Asupan makanan yang kaya beta karoten telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental bagi orang yang menderita depresi.

10. Jeruk

Jeruk dan buah jeruk lainnya dikemas dengan vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu dalam memerangi depresi dalam tubuh.

BACA JUGA:Lemak Perut Ambrol dengan Rutin Menggunakan 3 Bahan Alami Ini

11. Blueberry

Blueberry kaya akan flavonoid anthocyanin, yang dikaitkan dengan pengurangan peradangan dan risiko depresi.

Juga kaya vitamin C, konsumsi rutin buah ini bisa membantu meringankan efek negatif dari stres.

12. Kiwi

BACA JUGA:Obat Batuk Produsen India Dilarang WHO, ini Namanya

Sama seperti nanas, konsumsi kiwi secara teratur membantu meningkatkan kadar serotonin di otak.

Hal ini akan menstabilkan suasana hati dan karenanya, membantu mengatasi depresi.

13. Stroberi

Sama seperti buah beri lainnya seperti beri biru, blackberry dan raspberry, stroberi juga dikemas dengan antioksidan yang membantu dalam perbaikan sel dan menciptakan suasana hati yang bahagia pada orang yang menghadapi depresi.(fny/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: