Tingkatkan SDM, Buat Program Bahasa Inggris Bagi ASN

Tingkatkan SDM, Buat Program Bahasa Inggris Bagi ASN

Bupati Empat Lawang didampingi Kepala BKPSDM saat memperlihatkan nota kesepakatan yang sudah di tanda tangani. Foto : dokumen/sumeks.co--

EMPAT LAWANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten EMPAT LAWANG benar-benar serius untuk meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Upaya dilakukan salah satunya berharap bisa melek berbahasa Inggris yakni melalui Government English Program.

Langkah pertama untuk mewujudkan program Government English Program, yakni dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang dilakukan di Ruang Rapat Madani.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, mengatakan English Program diperuntukkan untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Empat Lawang. 

BACA JUGA:Kabupaten Empat Lawang Terima Bantuan Mobil Damkar dari Pemrov DKI

Ia mengakui dengan program yang dijalankan ini, ASN bisa lebih percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang banyak. 

"ASN banyak yang belum bisa speaking English, dengan adanya program ini sudah saatnya diharapkan bisa fasih berbahasa Inggris," kata Joncik, kemarin.

Sementara itu Kepala BKPSDM Kabupaten Empat Lawang, Soleha Apriani, mengungkapkan BKPSDM merupakan Leading Sector untuk mencerdaskan ASN di Empat Lawang baik formal maupun non formal. 

Government English Program juga selaras dengan program dari Presiden Joko Widodo yang menargetkan tahun 2024 Indonesia menjadi Smart City.

BACA JUGA:Pelaku Perampokan di Bawah Jembatan Ponton Empat Lawang Disergap di Bengkulu

"Salah satu dari kegiatan English Program yakni setiap hari Selasa dan Jumat, ASN diimbau speaking English sedikit demi sedikit, dan tidak hanya dilakukan di BKPSDM saja namun juga dirasakan oleh seluruh OPD," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, setelah acara sosialisasi Government English program akan ada MoU dengan pihak ketiga yaitu Yayasan Al Azhar Cairo Empat Lawang, yang akan menyediakan tutor untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada para ASN.

"Nanti setiap OPD mengirimkan satu orang perwakilan untuk mengikuti kelas bahasa Inggris. Materi yang disampaikan oleh tutor juga tidak berat-berat. Kalau nanti ada tamu dari luar kota atau dari luar negeri, kita bisa speaking English sedikit-sedikit, walaupun kita tinggal di Empat Lawang tapi kita tidak ketinggalan dengan daerah lain," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: