Cerita Bukit Seguntang dari Juru Kunci

Cerita Bukit Seguntang dari Juru Kunci

Peziarah di salah satu makam Bukit Seguntang, Ahad 9 Oktober 2022. foto: edy handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tak hanya dikenal sebagai tempat pemakaman Putri Kembang Dadar dan bekas petilasan Raja Sigentar Alam. Bukit Seguntang juga dikenal masyarakat mempunyai aura mistis yang luar biasa hingga saat ini.

Bukit Seguntang atau Seguntang berada di Jl Sultan Muhammad Mansyur, Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang, mempunyai nilai historis tentang Kerajaan Sriwijaya. Tak jarang, masyarakat sekitar bahkan dari berbagai daerah dan mancanegara berkunjung untuk berziarah dan melaksanakan ritual.

Selain dinilai tempat bersejarah, Bukit Seguntang juga diyakini mempunyai aura mistis. Mengingat, tempat tersebut dianggap keramat bagi warga sekitar karena terdapat makam dan maqom para raja dan puteri yang berasal dari Bumi Sriwijaya.

Juru Kuncen Bukit Seguntang, Sulaiman menceritakan, sering kali dia didatangi seorang putri dan pangeran dari dalam mimpi. Tak sampai di situ, Sulaiman juga mengatakan bahwa pada keadaan terjaga pun sering dikunjungi oleh sesosok makhluk yang mengenakan pakaian kerajaan yang diduga Putri Kembang Dadar dan Pangeran Bagus Kuning.

BACA JUGA:Tanah-Air yang Dibawa HD ke IKN Berasal dari Bukit Siguntang, Ini Kata Juru Kuncinya

"Kalau mimpi bertemu dengan sesosok putri dan pangeran ya sering karena kami juru kunci di sini," ungkap Sulaiman dibincangi SUMEKS.CO, Ahad 9 Oktober 2022.

Kendati sering berjumpa dalam mimpi dan berbincang langsung dengan putri ataupun pangeran tersebut. Sulaiman tak menjelaskan secara rinci perbincangan atau pesan apa yang biasa disampaikan oleh kedua orang itu. Yang jelas pesannya untuk disuruh menjaga dan merawat dari empat makam dan tiga makom.

"Kalau pesan paling disuruh merawat daerah ini. Kalau yang lain tidak untuk diceritakan secara umum karena pesan khusus," beber Sulaiman.

Di lain sisi, banyak dari peziarah berdoa sekaligus meminta keberkahan di tempat tersebut. Menariknya, beberapa peziarah justru percaya jika berdoa dan melakukan ritual di makam atau maqom dapat menyembuhkan penyakit.

BACA JUGA:Bukit Siguntang, Saksi Bisu Putri Cantik yang Mempunyai Kesaktian Luar Biasa

"Banyak peziarah yang berdoa dan ritual. Tapi tujuan mereka tak lain hanya untuk mengambil keberkahan," katanya.

Lanjut Sulaiman, peziarah yang datang untuk melakukan ritual dari berbagai kalangan dengan kepercayaan masing-masing. Ada yang melakukan ritual adat Budha, Hindu dan lainnya. Dia menegaskan peziarah tidak diperkenankan untuk meminta atau menyembah makam dan maqom yang ada di Bukit Seguntang.

"Ya tergantung kepercayaan masing-masing," bebernya.

Saat tim SUMEKS.CO sedang berbincang dengan Juru Kuncen, nampak dari kejauhan dua pria paruh baya menggendong kursi kecil yang dipikul di atas pundak dengan bambu di cat berwarna merah diringi suara gong dan diikuti puluhan pria lainnya seraya membacakan mantra-mantra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: