Pemkab Muba Dorong Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Sektor Komoditi

Pemkab Muba Dorong Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Sektor Komoditi

--

SEKAYU, SUMEKS.CO - Tanpa gembar-gembor, Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Apriyadi terus menyasar penguatan lembaga bagi pelaku ekonomi di desa. Apriyadi aktif  menggerakkan laju ekonomi di sektor perkebunan yang jadi penopang ekonomi warga Muba yakni karet dan sawit. 

Saat ini,kata Apriyadi, di Muba ada sebanyak 17 ribu hektar kebun yang tertanam program replanting kelapa sawit. Dari jumlah itu, 7 ribu hektar kebun kelapa sawit milik petani rakyat sudah menghasilkan. Rata-rata petani sawit yang tergabung dalam KUD peserta peremajaan sawit masa tanam 2017 sudah 'bergaji' Rp 4 juta per bulan. 

Sukses pelaksanaan replanting sawit di Bumi Serasan Sekate ini menarik minat sejumlah petani untuk ikut program peremajaan dengan membentuk KUD. Apriyadi meyakini jika semua KUD di Muba sudah rampung mewujudkan replanting dengan benar maka langkah berikutnya yakni  pendirian pabrik sawit swadaya bisa terwujud. 

Pendirian pabrik juga bisa dikembangkan menjadi sumber energi baru terbarukan sesuai kebijakan Pemerintah Pusat untuk menekan  penggunaan BBM berbahan fosil. Karenanya Apriyadi mendorong petani sawit rakyat agar mengikuti program replanting  untuk yang sudah berusia diatas 25 tahun. 

BACA JUGA:Kades, Lurah dan Camat Harus Sukseskan Regsosek 2022 di Muba

"Kelapa sawit ini akan menjadi sektor perkebunan yang sangat menjanjikan ke depannya. Oleh sebab itu kualitas kelapa sawit petani rakyat kita harus bagus dan berkualitas. Syaratnya  harus dilakukan peremajaan, dengan pola yang baik dan benar sesuai skema pemerintah," ungkap  Apriyadi saat menerima perwakilan Kepala Desa dan Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) 6 Oktober 2022. 

Menurutnya, dengan persiapan-persiapan tersebut tentu Kabupaten Muba sangat strategis untuk mendirikan pabrik kelapa sawit yang dikelola langsung petani sawit mandiri bersama KUD dan warga setempat. 

Sedangkan pada komoditi karet, Muba  paling banyak membentuk Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB). Tercatat, ada 122 UPPB sesuai data Dinas Perkebunan Muba hingga Oktober 2022. 

"Tahun ini ada 14 gedung dan 9 pelataran UPPB kita bangun. Hingga 2022 ini sudah 50 gedung dan 20 pelataran UPPB yang diserahkan kepada para petani karet. Tentu masih banyak  yang harus kita buat bagi petani. Apalagi pertumbuhan UPPB di Muba juga sangat bagus, "terang Apriyadi. 

BACA JUGA:Bareng Istri, Pj Bupati Apriyadi Hadiri Maulid Nabi di Masjid Raya Abdul Kadim

Agar serapan getah karet makin luas dan berimbas pada ekonomi petani,Apriyadi menjalin kerjasama dengan pihak swasta  Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memiliki potensi kekayaan SDA di sektor pekebunan karet seluas 466.393,4 ha dengan kapasitas produksi mencapai 419.742 ton yang di dominasi perkebunan rakyat sebanyak 98,5%. 

Garapan di hilir ini guna mendorong pertumbuhan ekonomi,  meningkatkan nilai tambah komoditas yang dimiliki. "Dengan menghasilkan barang setengah jadi maupun barang jadi yang nilai jualnya lebih tinggi dan harga lebih stabil dari pada harga bahan baku," tegas dia. 

Pj Bupati Muba H Apriyadi menjajagi kerjasama PT Bumi Rambang Palembang, untuk pengolahan dan pemasaran lateks pekat dengan Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) di Kabupaten Muba. 

"Untuk itu, Pemkab Muba akan terus membantu UPPB diantaranya mendorong hilirisasi karet. pengembangan sektor hilir komoditas perkebunan di Muba diperkuat dengan pengembangan infrastruktur pembangunan jalan berbasis aspal karet lateks. Pembangunan pabrik centrifuge lateks di 3 Kecamatan yaitu Keluang, Sekayu dan Babat Toman,"ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: