Empat Daerah ini Rawan Longsor

Empat Daerah ini Rawan Longsor

Ilustrasi.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumsel mengimbau masyarakat di empat kabupaten dan kota agar mewaspadai bencana tanah longsor yang disebabkan cuaca ekstrem. Keempat daerah tersebut yakni, Pagaralam, Lahat, Muara Enim dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Kepala BMKG Provinsi Sumsel, Wan Dayantolis mengatakan, warga Sumsel perlu mewaspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang di puncak musim hujan Oktober. Terutama daerah dataran tinggi di Sumsel karena dikhawatirkan akan terjadi bencana tanah longsor.

"Warga di empat kabupaten ini diharapkan waspada atas cuaca tersebut yang diprakirakan terjadi pada siang hingga sore hari," ungkap Wan Dayantolis saat dikonfirmasi, Sabtu 8 Oktober 2022.

BACA JUGA:BMKG Sampaikan Prakiraan Cuaca di Sumatera Selatan Hari Ini, Waspadalah

Peringatan dini BMKG Sumsel, dikhususkan di empat daerah dataran tinggi yakni Pagaralam, Lahat, Muara Enim dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Selain di dataran tinggi, BMKG juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas didaerah perbukitan.

"Dataran tinggi dan perbukitan itu yang utama harus diwaspadai di pertengahan sampai akhir Oktober ini," ujarnya.

Sementara, berdasarkan analis prakirawan, pada pagi hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan ringan di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, dan Musi Banyuasin.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Pagaralam, Lahat, Muara Enim, OKU Selatan, OKI, Banyuasin dan Musi Banyuasin.

BACA JUGA:BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Hantam Wilayah Indonesia hingga 9 Desember

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Palembang, Muara Enim, Prabumulih dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Palembang, Banyuasin, Muara Enim, Prabumulih, PALI, OKI dan Musi Banyuasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: