Tinjau Banjir, Wawako Finda Salahkan Drainase Tersumbat

Tinjau Banjir, Wawako Finda Salahkan Drainase Tersumbat

Wawako Finda meninjau lokasi banjir, Sabtu 8 Oktober 2022. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda meninjau beberapa lokasi rawan banjir di Kota Palembang, Sabtu 8 Oktober 2022.

Fitrianti Agustinda meninjau lokasi rawan banjir antara lain di Jl Residen Abdul Rojak, Kecamatan Kalidoni, Jl R Soekamto Kecamatan Kemuning, dan Jl Pelita, Lr Ali Akib, Kecamatan Kemuning.

Sementara, terpantau oleh SUMEKS.CO pada ketiga lokasi itu air telah surut, dan masyarakat kembali beraktivitas seperti biasa.

"Saya sengaja meninjau karena hujan deras yang mengakibatkan banjir di Kota Palembang pada beberapa hari ini, ketiga lokasi yang ditinjau pada hari ini penyebab utama banjir di kawasan tersebut karena drainase yang tertutup," kata Fitrianti Agustinda usai meninjau lokasi banjir kepada awak media.

BACA JUGA:Wawako Finda Kunjungi Korban Kebakaran

Fitrianti Agustinda menjelaskan, ia bersama pihaknya ingin memberi solusi pada ketiga lokasi tersebut agar tidak banjir lagi yakni dengan normalisasi.

"Jadi masih ada saluran tertutup dan sementasi sehingga menyebabkan banjir di daerah tersebut, kita sudah berdialog untuk memberi solusi kepada warga dan tinggal menunggu persetujuan warga bersama," jelasnya.

Lanjut Fitrianti Agustinda, dengan kesepakatan bersama warga, jika masyarakat setuju dengan langkah yang dilakukan Pemkot Palembang, maka 2023 tidak akan mengalami hal serupa lagi.

"Sayang sekali ada proyek untuk normalisasi sungai namun ada kendala jika warga tidak setuju, kita juga akan membangun saluran yang memadai dan membongkar bangunan di atas drainase. Karena ini jangan hanya keputusan sebelah pihak saja yang setuju, kalau ada warga yang tidak setuju tidak ada surat persetujuan dari masing-masing warga maka langkah ini tidak bisa dilakukan," tutupnya.

BACA JUGA:Resmikan Forum Donor Darah, ini Harapan Wawako Finda

Sementara, warga Jl Residen Abdul Rojak Kecamatan Kalidoni, Acep mengungkapkan banjir di lokasi tersebut karena banyak bangunan liar yang menutupi drainase.

"Di sini memang banyak bangunan liar yang menutupi drainase, kalau hujan lebat pasti banjir disini, banjir bisa mencapai lutut orang dewasa," ungkapnya.

Di sisi lain, warga Jl Pelita, Lr Ali Akib, Kecamatan Kemuning, Sumarni menuturkan di kawasan tersebut jika hujan deras akan mengalami banjir, hal ini terjadi bertahun-tahun.

"Permaslahan banjir di lokasi Jl Pelita karena minim saluran air di lokasi ini. Kalau ketinggian air sebatas lutut orang dewasa, kami harap ini dapat diatasi melalui langkah dari Wali Kota Palembang," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: