HD-MY Diprediksi Kembali Berpasangan di Pilkada 2024

HD-MY Diprediksi Kembali Berpasangan di Pilkada 2024

Menurut survei yang dilakukan LKPI, pasangan HD-MY akan kembali berpasangan untuk maju ke Sumsel Satu di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang. Foto : dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - H Herman Deru dan H Mawardi Yahya (HD-MY), diprediksi akan kembali berpasangan untuk maju ke Sumsel Satu di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang.

Hal ini berdasarkan data dari Lembaga Kajian Publik  Independen (LKPI). Menurut survei yang dilakukan, tingkat kepuasan masyarakat terlihat saat HD-MY melakukan penanggulangan pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu.

"Survei yang kita lakukan adalah memotret tingkat kepuasaan penangulangan Covid-19," ungkap Direktur Eksekutif LKPI, Arianto, MIKom, Pol, Kamis 6 Oktober 2022.

Dijelaskan Arianto, tingkat keinginan responden yang menginginkan kembali HD-MY berpasangan untuk memimpin Sumsel sebesar 69,8 persen. 

BACA JUGA:Demokrat Setuju Pemilu Dilaksanakan Februari 2024, Tapi Usul Pilkada di 2023

Sementara, responden yang tidak menginginkan kembali berpasangan 16,4 persen. Lalu, yang belum memberikan jawaban 7 persen, dan tidak tahu atau rahasia 6,8 persen.

"Bisa dikatakan potensi besar kembalinya HD-MY untuk berpasangan mencapai 73 persen atau sudah tembus diangka 70 persen," kata Arianto. 

Secara statistik lanjut Arianto, tingkat keinginan untuk kembali berpasangan HD-MY angkanya signifikan. 

Hal ini dikarenakan tingginya popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas HD-MY yang sampai saat ini masih memimpin di rangking pertama diantara calon Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya.

BACA JUGA:Ingat, Pemilu dan Pilkada Serentak Tetap 14 Februari 2024

"Tingginya apresiasi masyarakat untuk  kembali  berpasangan HD-MY juga tidak terlepas dari tarikan elektoral dari masing-masing nama tersebut," tuturnya.

Selain itu, kedua pasangan sering terjun langsung ke masyarakat dalam erbagai kegiatan, baik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur. Basis massa HD-MY saat ini sudah merambah seluruh 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

"Gabungan elektabilitas baik dari  Herman Deru maupun dari Mawardi Yahya saling menguatkan. Tingkat keinginan masyarakat untuk mengapresiasi kembali berduet di pilkada mendatang cukup besar,” ujarnya.

Lanjutnya, masih ada satu tahun lagi yang harus diselesaikan HD-MY sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: