Korut Balas Peluncuran Rudal Korsel-AS

Korut Balas Peluncuran Rudal Korsel-AS

Televisi Korut menyiarkan peluncuran rudal Hwasong.--

SUMEKS.CO - Ketegangan di Semenanjung Korea kembali terjadi. Latihan militer bersama yang dilakukan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat dengan peluncuran rudal, membuat Korea Utara (Korut) geram. 

Korut kembali menembakkan dua rudal balistik ke laut pada Kamis 6 Oktober 2022 sebagai balasan atas peluncuran rudal yang dilakukan dalam latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Ketika Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa bertemu untuk membahas peluncuran rudal balistik jarak menengah Pyongyang pada Selasa lalu di atas wilayah Jepang, Korea Utara menyalahkan Washington karena "meningkatkan ketegangan militer di semenanjung Korea".

Dilansir kantor berita AFP, Kamis 6 Oktober, Kementerian Luar Negeri Korut menyatakan, peluncuran rudal ini adalah "tindakan balasan yang adil dari Tentara Rakyat Korea terhadap latihan bersama Korea Selatan-AS."

BACA JUGA:Korut Klaim Krisis sudah Berakhir, WHO Meragukan

Pada Kamis pagi waktu setempat, militer Korea Selatan mengatakan telah mendeteksi dua rudal balistik jarak pendek yang diluncurkan dari daerah Samsok di Pyongyang menuju Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang.

"Militer kami telah memperkuat pemantauan dan pengawasan dan mempertahankan kesiapan maksimal dalam koordinasi dengan Amerika Serikat," kata Kepala Staf Gabungan Seoul dalam sebuah pernyataan.

Otoritas penjaga pantai Jepang juga mengkonfirmasi peluncuran dua rudal balistik tersebut. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan kepada wartawan bahwa serentetan uji coba Korut baru-baru ini "tidak dapat diterima". (detik.com/dom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: