Hadapi Banjir, Dinkes Muratara Siapkan Anti Bisa Ular

  Hadapi Banjir, Dinkes Muratara Siapkan Anti Bisa Ular

Anak-anak di Rawas Ilir, Muratara mandi di jalan yang tergenang air.-Zulkarnain-

MURATARA, SUMEKS.CO - Hadapai bencana banjir, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), siapkan anti bisa ular dua puluh vial. 

"Kami dari Dinas Kesehatan saat ini siaga karena sebagian wilayah Muratara, terjadi bencana banjir. Selain obat-obatan Kita juga siapkan anti bisa ular, karena tidak menutup kemungkinan banyak ular ular disekitar permukiman warga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara, Dr Arios, Selasa, 4 Oktober 2022. 

Dia mengaku saat ini sudah mengeluarkan intruksi siaga dan mendirikan pos tanggap darurat dispot-spot bencana banjir. Pos disiagakan di Pustu maupun Puskesmas.

"Kita hanya membantu dalam pelayanan medis, Kita antisipasi jangan sampai ada bencana seperti diare, gatal-gatal, dan lainnya," ujar Dr Arios.

BACA JUGA: Ratusan Hektar Sawah di Muratara Gagal Panen, Akibat Banjir 

Pihaknya meminta masyarakat tetap waspada, selama bencana banjir. Terlebih lagi saat air menggenangi permukiman warga, tidak menutup kemungkinan hewan hewan liar seperti ular ikut bermunculan.

Sementara itu, banjir di wilayah Kabupaten Muratara masih terjadi di Kecamatan Karang Dapo dan Rawas ilir. 

Andre, warga BMI Kecamatan Rawas Ilir menuturkan, saat ini air luapan Sungai Rawas dan Sungai Musi masih terjadi di wilayah mereka. Ketinggian air bervariasi dan paling dalam setinggi sebatas dada orang dewasa.

"Sekarang masih banjir kalau untuk hewan hewan liar memng banyak kalau banjir, seperti ular dan lainnya," katanya.

BACA JUGA:Tekan Lonjakan Harga, Pemkab Muratara Siapkan Dana Rp4,4 Miliar 

Sementara itu, Sekcam Rawas Ilir Dita, mengatakan saat ini banjir di sebagaian wilayah Rawas Ilir, mulai surut.

"Sekarang masih banjir di wilayah BM I, dan sebagian wilayah lainnya mulai berkurang walaupun masih tergenang," tutupnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: