Inovasi, Badan Bahasa Hadirkan Aplikasi Penyunting Bahasa

Inovasi, Badan Bahasa Hadirkan Aplikasi Penyunting Bahasa

--

BOGOR, SUMEKS.CO - Bulan Oktober senantiasa diidentikkan dengan Sumpah Pemuda. Pada saat itu pemuda dari berbagai daerah dan kelompok mengakui dan menyepakati gagasan “Indonesia” sebagai tanah air, bangsa, dan bahasa persatuan. 

Untuk mengenang dan memanifestasikan gerakan dan pemikiran visioner pemuda Angkatan 1928 ke dalam kegiatan nyata, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sejak 1980 telah mengembangkan ikon kegiatan kebahasaan yang berpusat pada setiap bulan Oktober, yaitu Bulan Bahasa dan Sastra

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof Aminudin Aziz mengatakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) tengah menyiapkan aplikasi penyuntingan bahasa Indonesia (Sipebi).

Lalu, rencananya Sipebi akan diluncurkan pada bulan Oktober  2023 mendatang, mulai saat ini kami sedang membuka ruang masukan dari masyarakat. Tidak hanya itu saja Badan Bahasa mempunyai program yang sangat penting yaitu terkait literasi kami pengembangan penyediaan bahan pengayaan literasi berupa buku bacaan untuk paud dan SD sebanyak 12.7 juta eks buku ke daerah 3T ke 26 ribu sekolah. 

BACA JUGA:Penyandang Disabilitas Kota Surabaya #MakinCakapDigital Dalam Kelas Podcast Disabilitas

Sebagai infomarsi  setiap sekolah dikasih  80-120 judul dan  SD 1,567 buku diberikan. Kalau anak-anak senang baca akan kaya sekali wawasan mereka. Buku tak hanya kearifan lokal tapi juga global. Karena sebagian buku terjemahan buku asing, dengan jumlah 1,575 buku terjemahan.

“Dan perlu diketahui tahun 2022 ini sudah 1,250 buku terjemahan serta 750 terjemahan bahasa lokal ke bahasa Indonesia Itu semua buku literasi,” bebernya.

Terakhir, terkait bulan Bahasa Tema BBS 2022 adalah “Bangkit Bersama”. Ungkapan tersebut terkesan sederhana, tetapi sarat makna. Badan Bahasa beserta satuan kerja di bawahnya dan balai/kantor bahasa yang ada di 30 provinsi menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra seperti Penghargaan apresiasi kepada karya-karya sastra Indonesia, Perlombaan Kegiatan berbentuk perlombaan adalah salahsatunya Lomba Mendongeng dengan Bahasa Isyarat, diskusi/bincang-bincang dll,”tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: