Usai Peringatan Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Prabowo Membungkuk Hormat ke Jokowi

Usai Peringatan Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Prabowo Membungkuk Hormat ke Jokowi

Presiden dan rombongan kunjungi Lubang Buaya (foto:setpres youtube)--

SUMEKS.CO, Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dan dikukuhkan untuk mengenang peristiwa 30 September 1965.

Saat itu, sejumlah perwira tinggi TNI Angkatan Darat terbunuh. Jasad mereka ditemukan di sebuah sumur di Lubang Buaya.

Kemudian lokasi itu ditetapkan sebagai Monumen Pancasila Sakti. Patung Pahlawan Revolusi juga berdiri di lokasi itu.

Dan dalam peringatan hari ini,  Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menegaskan Pancasila sebagai tameng menghadapi ancaman persatuan bangsa.

Pernyataan itu ia sampaikan saat memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Ia mengunggah karikatur Garuda Pancasila melalui akun Twitternya.

"Ideologi yang digali dari akar dan karakter bangsa Indonesia, terbukti mampu menjadi tameng menghadapi aneka tantangan yang mengancam persatuan dan kemajemukan kita," kata Jokowi lewat akun Twitter @jokowi, Sabtu 1 Oktober 2022.

Jokowi mengatakan zaman terus berubah dan arus globalisasi terus menderas. Namun, bangsa Indonesia harus tetap berpegang teguh pada ideologi Pancasila.

Terpisah, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut Pancasila sebagai hal yang mempersatukan bangsa. Dia mengajak semua pihak untuk meyakini bahwa Pancasila mampu melindungi Indonesia.

"Saya kira ini yang paling utama, Pancasila kita yakini sebagai pemersatu bangsa, ideologi dan falsafah bangsa," ujar Prabowo saat ditemui di Lubang Buaya, Jakarta, Sabtu (1/10).

Ada pemandangan menarik, ya terlihat Prabowo Subianto membungkuk hormat kepada Presiden Joko Widodo setelah upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Momen itu terjadi setelah upacara selesai dan keduanya kemudian mengunjungi sumur di Monumen Pancasila Sakti.

Setelah itu, Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin hendak meninggalkan lokasi. Namun, Jokowi berhenti untuk menyapa Prabowo.

Mereka sempat mengobrol sekitar tiga menit, sementara para pejabat negara lain menunggu di belakang mereka.

Setelah itu, Jokowi meninggalkan Lubang Buaya. Adapun Prabowo menyambangi wartawan sebelum beranjak pergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: