Hari ini Palembang Tanpa Bayangan

Hari ini Palembang Tanpa Bayangan

Ilustrasi. Foto: dendi romi sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Berdasarkan perkiraan Stasiun Meteorologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumsel, Siang ini, diperkirakan sekitar pukul 11.50 WIB-12.00 WIB, Kota Palembang akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan.

Kepala Stasiun Meteorologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumsel, Provinsi Sumsel, Wandayantolis mengungkapkan, diperkirakan ada beberapa daerah terjadi hari tanpa bayangan yang dimulai 30 September-5 Oktober.

"Hal ini mengacu pada saat di mana bayangan benda tepat berada pada kaki atau dasar objek saat kulminasi maksimum matahari terjadi pada pukul 12 siang," ungkap Wandayantolis saat dikonfirmasi, Sabtu, 1 Oktober 2022.

BACA JUGA:BMKG Sampaikan Prakiraan Cuaca di Sumatera Selatan Hari Ini, Waspadalah

Wandayantolis menjelaskan, hari tanpa bayangan ini terjadi karena matahari berada tepat di atas kepala atau tepat tegak lurus di atas objek yang berdiri tegak. Oleh karena itu, bayangan benda tegak tersebut seolah-olah tidak ada atau tidak terlihat.

"Peristiwa ini merupakan hal yang umum terjadi," timpalnya.

Lanjut Wandayantolis, hari tanpa bayangan ini terjadi dua kali dalam setahun yang terkait dengan perubahan sudut inklinasi bumi terhadap matahari yang terlihat sebagai gerak semu matahari bolak balik antara bumi bagian utara dengan selatan.

"Periode lainnya terjadi pada sekitar akhir Maret," timpalnya.

BACA JUGA:BMKG Imbau Warga di 7 Daerah di Sumsel Waspada Hujan Lebat

Wandayantolis menambahkan, fenomena hari tanpa bayangan ini tidak ada dampak langsung yang signifikan terhadap potensi cuaca dan iklim ekstrem. Secara umum, hari tanpa bayangan ini merupakan periode puncak suhu maksimum.

Kendati demikian, Wandayantolis mengimbau untuk memperbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap lembap dan terhindar dari dehidrasi. Gunakan pakaian yang sesuai serta pelindung tubuh agar terhindar dari sinar matahari langsung.

"Secara umum, hari tanpa bayangan ini tidak akan berdampak pada cuaca," tukasnya.

BACA JUGA:Prediksi BMKG, Malam Ini Wilayah Ogan Ilir Hujan Petir

Sementara, dikutip dari laman resmi BMKG, hari tanpa bayangan atau kulminasi atau transit atau istiwa' adalah fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: