MBS Naik Pangkat, ini Jabatan Barunya

MBS Naik Pangkat, ini Jabatan Barunya

MBS bersama Luhut Panjaitan. foto: CPC Arab Saudi--

SUMEKS.CO, RIYADH - Mohamed bin Salman alias MBS, putra Mahkota Arab Saudi naik pangkat. MBS ditunjuk sebagai perdana menteri, sebuah jabatan yang secara tradisional dipegang oleh raja. Putra Raja Salman bin Abdulaziz yang berusia 37 tahun, 86 tahun, selama ini sudah dipandang sebagai penguasa de facto negara Teluk yang kaya minyak itu. Sebuah dekrit kerajaan yang mengumumkan kenaikan pangkatnya dari wakil PM dan menteri pertahanan mengutip pengecualian terhadap Undang-Undang Dasar.

Seorang pejabat mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa langkah itu sejalan dengan delegasi tugas raja sebelumnya kepadanya. "Putra mahkota sudah mengawasi badan eksekutif utama negara setiap hari, dan peran barunya sebagai perdana menteri ada dalam konteks itu," kata pejabat itu. Ali Shihabi, seorang analis Saudi yang dekat dengan istana kerajaan, mencuit bahwa promosi Mohammed bin Salman memformalkan peran sebenarnya dan menghilangkan ketimpangan derajat dengan kepala pemerintahan negara lain.

"Dia sekarang menempati peringkat sebagai kepala pemerintahan de jure, bukan hanya secara de facto." Raja, yang telah dirawat di rumah sakit dua kali tahun ini, akan terus memimpin rapat kabinet yang dia hadiri.

Keputusan itu menunjuk putranya yang lain, Pangeran Khalid bin Salman, sebagai menteri pertahanan yang baru. Yang ketiga, Pangeran Abdulaziz bin Salman, tetap memegang peran kunci sebagai menteri energi di pengekspor minyak terbesar dunia. 

BACA JUGA:MBS Batal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ada Apa?

Mohammed bin Salman telah memenangkan pujian untuk beberapa reformasi sosial dan ekonomi yang telah dia awasi di kerajaan Teluk yang konservatif, termasuk mencabut larangan mengemudi wanita dan berusaha mendiversifikasi ekonomi dari minyak. Tetapi dia juga telah dikritik keras karena mengejar perang di Yaman yang telah menyebabkan bencana kemanusiaan dan untuk menindak perbedaan pendapat, dengan hukuman penjara yang berat dijatuhkan bahkan untuk posting media sosial yang kritis. Reputasi internasional sang pangeran mengalami kerusakan signifikan setelah jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, seorang kritikus terkemuka terhadap kebijakannya, dibunuh oleh agen-agen Saudi di konsulat Saudi di Istanbul pada 2018. Badan-badan intelijen AS menyimpulkan bahwa ia telah menyetujui operasi untuk menangkap atau membunuh Khashoggi, tetapi dia membantah terlibat.

Lonjakan harga minyak global yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina telah membuat sang pangeran dipeluk kembali oleh para pemimpin Barat dalam beberapa bulan terakhir, dengan Presiden AS Joe Biden mengunjunginya di Jeddah pada bulan Juli meskipun pernah bersumpah untuk menjadikan Arab Saudi "paria yang mereka adalah" atas pembunuhan Khashoggi. (bbc/dil/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: