Manfaatkan Tanaman Kelompok Wanita Tani Jadi Olahan Pangan

Manfaatkan Tanaman Kelompok Wanita Tani Jadi Olahan Pangan

Wali Kota Prabumulih memberikan support di salah satu kelompok tani wanita lomba kreasi pangan olahan berbasis sumber daya lokal tingkat Kota Prabumulih. Foto : Dian/sumeks.co--

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota (Pemkot) PRABUMULIH melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota PRABUMULIH membuka lomba kreasi Pangan olahan berbasis sumber daya lokal tingkat Kota PRABUMULIH di Pendopoan Rumah Dinas Walikota PRABUMULIH, Rabu 28 September 2022.

Sedikitnya ada 30 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang berasal dari Kelurahan dan Desa di Kota Prabumulih memperlihatkan makanan olahan kreasi mereka. 

"Hampir seluruh peserta memanfaatkan hasil tanaman mereka," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Prabumulih, Suranti SP.

Dia pun mencontohkan, Ubi Rambat yang dipetik dari hasil tanaman KWT dibuat sebagai tepung yang menjadi bahan baku pembuatan pempek.

BACA JUGA:Pusri Berikan Pelatihan Kawalan Kewirausahaan kepada Kelompok Tani di Banyuasin

Selain itu, pempek ikan yang dibuat juga menggunakan ikan lele yang merupakan hasil ternak para KWT. 

"Kebanyakan bahan didapat dari hasil tanaman para KWT. Namun tak sedikit pula masih ada bahan yang dibeli," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Suranti berharap dengan adanya kegiatan itu maka bisa meningkatkan kreatifitas Ibu-Ibu rumah tangga dalam menyajikan kudapan bagi keluarga di rumah dan juga berharap dapat meningkatkan peningkatan pendapatan keluarga. 

"Kegiatan ini juga kita laksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Prabumulih ke–21 tahun," tandasnya. 

BACA JUGA:Bupati Askolani Beri 9444 Ternak ke Kelompok Tani

Wali Kota Prabumulih, H Ridho Yahya yang turut hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi olahan makanan yang ditampilkan peserta. 

"Kegiatan seperti ini sangat bagus. Bahkan tadi kita usulkan kalau buat pempek gunakan ikan lele, karena ikan lele kita banyak," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: