Road Show PKBJJ, ini Target UT Palembang

Road Show PKBJJ, ini Target UT Palembang

UT Palembang. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Guna mempersiapkan mahasiswa baru dalam studinya, Universitas Terbuka (UT) Palembang gelar road show Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) ke 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Direktur UT Palembang, Dr Meita Istianda SIP MSi menerangkan, tujuan dari kegiatan road show tersebut yakni mahasiswa UT Palembang benar-benar berhasil mendapatkan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) dengan baik.

"Road show ini sendiri telah dimulai sejak 17 September lalu, yang mana Kabupaten Banyuasin mendapat giliran pertama hingga berlanjut daerah lainnya 17 kabupaten atau kota di Provinsi Sumsel seperti Lahat, Prabumulih, OKU, Lubuklinggau dan Muara Enim," kata Meita, Rabu 28 September 2022.

Selain ikuti oleh peserta mahasiswa UT Palembang, lajut Dr Meita juga dihadiri beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Belajar (Pokjar) Pagaralam, Empat Lawang, Tebing Tinggi, Kikim, Gelumbang, Prabumulih, Belitang, Pali, Muara Dua, Banding Agung, Baturaja, Musirawas, Muratara, Panang Enim, Muara Enim serta Sentra Layanan UT (SALUT) kabupaten Lahat dan Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA:450 Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Palembang Ikuti Pelatihan PKBJJ

Meita menerangkan, program road show PKBJJ UT Palembang merupakan bagian dari kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang disiapkan UT, guna menyiapkan serta mengantarkan para mahasiswa agar berhasil dalam studinya, tepat waktu dengan menjunjung tinggi integritas akademik.

"Adapun program PKBJJ ini merupakan bagian dari kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang disiapkan oleh Universitas Terbuka," terang Meita.

Dijelaskan Meita, LPKBJJ diselenggarakan dengan dual mode, di mana Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dilaksanakan secara daring, PKBJJ dan workshop tugas dilaksanakan secara tatap muka, dan klinik ujian akan dilaksanakan secara daring. Bukan hanya teori namun mengajak mahasiswa baru untuk melakukan simulasi langsung.

Ia memaparkan, UT telah didesain pemerintah, sebagai Universitas Negeri yang proses belajarnya dapat dilakukan dari mana saja tanpa harus meninggalkan pekerjaan dan keluarga. Dengan biaya kuliah terjangkau, mahasiswa sudah mendapat layanan sesuai paket yang dipilihnya. Pendaftarannya pun juga mengutamakan online melalui website sia.ut.ac.id.

BACA JUGA:Misteri Hilangnya Mahasiswa di Bukit Popalia Terjawab, Yusril Ditemukan di Dalam Jurang 85 Meter

Lebih lanjut dikatakan Dr Meita, UT dirancang untuk mampu memberi pelayanan terhadap siapa pun yang belum memiliki kesempatan dalam menempuh pendidikan tinggi karena berbagai kendala. Mulai dari keterbatasan dana, tinggal di daerah terpencil dan terluar, dan kesibukkan pekerjaan yang padat. 

"Jadi, ada juga interaksi sosialnya. Bahkan dengan kuliah di UT, semakin banyak waktu yang bisa dimaksimalkan untuk kegiatan lain. Seperti, hobi, bekerja, dan lainnya. Selain itu, siapapun bisa menjadi mahasiswa UT tanpa dibatasi usia, UT juga menerima ijazah paket C, dan juga sistem pembelajaran di UT dilakukan dengan berbagai modus dan sangat fleksibel," pungkasnya. 

Dalam kegiatan LPKBJJ Universitas Terbuka Palembang juga menyediakan sesi khusus talk show dengan Narasumber yang ingin kita petik pengalaman dan kesuksesan dalam cita-citanya, untuk memotivasi Mahasiswa. 

"UT juga cocok untuk generasi milenial, meskipun kuliahnya online, juga mengakomodir kegiatan-kegiatan kemahasiswaan untuk menumbuhkan ikatan 'esprit de corps', persaudaraan, gotong royong, kekeluargaan dalam lingkungan yang harmonis," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: