80 Peserta Ikuti Lomba Mendongeng

80 Peserta Ikuti Lomba Mendongeng

Lomba mendongeng antarkelompok guru TK-SMP sederajat di Museum Negeri Balaputra Dewa, Selasa 27 September 2022. foto: edy handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Lomba mendongeng diharapkan dapat menggalakkan siswa mulai sejak dini untuk mencintai kearifan lokal di Bumi Sriwijaya. Hal ini disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Negeri Balaputera Dewa Provinsi Sumsel, H Chandra Amprayadi.

Sebanyak 80 kelompok peserta dari tingkat Guru Sekolah Dasar, PAUD, TK, RA, Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan SMP/MTS, mengikuti lomba mendongeng yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, di Museum Negeri Balaputera Dewa, Selasa 27 September 2022.

"Kita ingin agar siswa mulai dari PAUD, SD, sampai tingkat SMP mengenal lagi sejarah seperti dongeng yang biasa dibacakan nenek moyang kita terdahulu," ungkap Chandra.

Dikatakan Chandra, saat ini siswa banyak melupakan sejarah dan dongeng karena disibukkan dengan gadget. Dasar inilah yang mendorong UPTD Museum Balaputera Dewa, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumsel untuk mengadakan kegiatan ini.

BACA JUGA:Hakim Itong Sebut Keterangan KPK Seperti Cerita Dongeng

"Kita sekarang melihat mulai dari anak-anak sekarang disibukkan dengan main handphone dan lupa tentang sejarah serta dongeng yang dulu biasa didengungkan," terangnya.

Lebih lanjut Chandra mengatakan, lomba mendongeng ini tak hanya diikuti dari sekolah yang ada di Sumsel. Namun, provinsi lain seperti Bengkulu ikut serta dalam perlombaan yang berlangsung sampai dengan 28 September 2022.

"Selain Sumsel ada juga Provinsu Bengkulu yang ikut," ujarnya.

Lanjutnya, untuk peserta yang berhasil memenangkan lomba nantinya akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan dan sertifikat piagam penghargaan. Selain itu, peserta juga akan diberikan piala.

"Nantinya pemenang akan diberikan hadiah berupa uang tunai dan piala," tandasnya.

Sumber: