Tersangka Bobol ATM Ganjal Tusuk Gigi, Mengaku Belajar dari Youtube

 Tersangka Bobol ATM Ganjal Tusuk Gigi, Mengaku Belajar dari Youtube

Polres Lubuklinggau hadirkan dua tersangka pembobol ATM, Rabu, 21 September 2022.-Khalid-

LUBUKLINGGAU, SUMEKS.CO - Dua tersangka bobol ATM dengan modus ganjal tusuk gigi, exit shutter atau lobang keluar masuk kartu ATM, di Lubuklinggau mengaku belajar dari Youtube. 

Dua tersangka, Bustami (49), warga Jl Tembok Raya RT 03, Desa Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Bambang Irawan (57), warga Jl Sapta Marga Gg H Harun Ali Pasar Hewan, Talang Rimbo Lama, Curup Tengah, Rejang Lebong, Bengkulu.

Bustomi dan Bambang mempunyai peran masing-masing. Bustomi berperan mengganjal exit shutter dengan tusuk gigi. 

“Itu agar ketika calon korban ingin memasukan ATM menjadi terganjal atau tidak bisa dimasukan,” kata Bustomi saat pers rilis di Mapolres Lubuklinggau, Rabu, 21 September 2022. 

BACA JUGA:Bobol ATM Modus Ganjal Tusuk Gigi Marak Lagi, Polres Lubuklinggau Tangkap Pelakunya

Setelah diganjal, dua pelaku menunggu calon korban. Biasanya memilih korban ibu-ibu. Nah ketika ada korban yang kesulitan memasukan kartu ATM, tersangka Bambang masuk ke ATM, seolah ingin menggunakan mesin ATM untuk transaksi. 

Melihat korban panik, tidak bisa memasukan kartu ATM lalu tersangka Bambang pura-pura menawarkan bantuan. Namun sebenarnya ingin menukarkan ATM korban dengan kartu ATM yang sudah disiapkan terlebih dahulu.

“Jadi Saya katakan jangan dimasukan, tapi ditempel. Sambil memperagakan dan meminjam ATM korban. Saat itulah mesin ATM ditukar dengan kartu lain yang warna sama yang telah dipersiapkan,” jelas Bambang.

Tersangka Bambang, kakek tujuh cucu, yang juga residivist kasus Narkoba di Curup, Rejang Lebong, Bengkulu.

BACA JUGA:Oknum Polisi Bobol ATM, Kades Mekar Jaya: Belum Pindah KK

Setelah itu, tersangka meminta korban menekan PIN, lalu oleh tersangka memperhatikan atau mengingat 6 digit angka PIN ATM. Setelah  mendapatkan PIN dan kartu ATM dua tersangka kabur, mencari ATM lain untuk menguras uang korban. 

Sementara itu, tersangka Bustomi, mengaku cara-cara mencuri dengan modus tersebut dipelajari dari Youtube. 

"Idenya dari Youtube, lalu dipraktekan. Sudah dilakukan tiga kali di ATM yang sama. Berhasil dapat uang Rp450 ribu. Nama akun youtube ganjal ATM," kata tersangka Bustomi.

Bustomi berkenalan dengan rekanya Bambang, saat bekerja di Curup sebagai penjual jagung. Kemudian melihat cara mengganjal ATM di Youtube dan mengajak Bambang untuk mempraktekkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: