Begini Persiapan Timnas Indonesia Lawan Curacao

Begini Persiapan Timnas Indonesia Lawan Curacao

Timnas Indonesia siap laga uji coba lawan Curacao, sejumlah pemain seperti Elkan Bagggott, Egy Maulana vikri, Witan Sulaiman, Saddil ramdani, Asnawi dan Pratama sudah mulai bergabung ( Foto: Indonesia Info)--

SUMEKS.CO, Ada tiga perkiraan formasi Timnas Indonesia yang akan menjalani uji coba dengan menghadapi Curacao pada FIFA Matchday, 24 dan 27 September 2022. 

Pelatih asal Korsel, Shin ta Yong selama menangani Timnas Indonesia sejak dikontrak pada Desember 2019,  sudah menerapkan sejumlah formasi. 

Ya, awalnya dia memakai formasi 4-4-2 yang biasa digunakan pelatih Indonesia sebelum-sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, berbagai formasi digunakan, seperti 4-3-3 atau 5-4-1.

Namun belakangan Shin mulai percaya diri menggunakan tiga bek sejajar atau formasi 3-4-3 untuk Timnas Indonesia dan tim kategori U-20.

Lantas untuk melawan Curacao formasi seperti apa yang akan digunakan Shin agar bisa menahan tim penghuni peringkat ke-84 FIFA tersebut?

BACA JUGA:Kompor Politik

Berikut tiga perkiraan formasi yang mungkin diterapkan Shin.

Bertahan 5-2-3; Untuk melawan tim kuat Shin tak ragu untuk menerapkan formasi bertahan 5-2-3. Tiga bek sejajar akan didukung dua bek saya dan dua gelandang bertahan. Tujuh pemain ini akan kompak bertahan di zona bahaya saat ditekan.

Formasi ini membuat Indonesia mengandalkan serangan balik. Pada prakteknya satu striker menunggu di garis pertahanan terakhir lawan dan dua penyerang siap dalam posisi sigap untuk melancarkan tusukan cepat.

Pola seperti ini sempat diterapkan Shin saat melawan Vietnam dalam pertandingan babak grup Piala AFF 2020 (2021). Ketika itu pemain Indonesia bertahan total menghadapi gempuran lawan dan berhasil bermain imbang 0-0.

Atraktif 3-4-3;  formasi ini mulai sering diterapkan Shin. Tiga bek sejajar bisa menjamin keamanan. Adapun dua bek sayap bermain lebih maju untuk membantu serangan. Hal ini terbukti berhasil diterapkan bersama Indonesia U-20.

Sejatinya formasi sama telah diterapkan Shin di Kualifikasi Piala Asia 2023. Menghadapi Kuwait dan Yordania yang secara kualitas di atas Indonesia, Shin bermain terbuka dengan formasi ini dan berhasil meraih tiket ke putaran final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: