Kabut, Tiga Maskapai Delay

Kabut, Tiga Maskapai Delay

Maskapai Citilink. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tebalnya kabut embun yang menyelimuti udara Palembang, mengakibatkan penerbangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II terganggu pada Selasa 20 September 2022 pagi. 

"Ya pak, jarak pandangnya sangat rendah kurang lebih di bawah 200 meter, sehingga mengakibatkan penundaan tiga pesawat yakni diantaranya Citilink, Lion Air, dan Batik Air penerbangan kedatangan dan keberangkatan didelay," kata Executive General Manager Angkasa Pura II, R Iwan Winaya Mahdar melalui Manager of Airport Operation of Service Vinsensius A Laack di ruang kerjanya. 

Vinsensius A. Laack mengatakan, seharusnya jarak pandangnya disarankan minimal untuk penerbangan pesawat di Bandara SMB II Palembang 1.000 meter. 

BACA JUGA:Kabut Selimuti Palembang

"Untuk itu, tiga pesawat ini tadi pagi tidak bisa masuk tepat waktu, dikarenakan efek dari kabut asap," ujar Vinsensius A. Laack. 

Vinsensius A. Laack menambahkan, biasanya tiga pesawat yakni pertama Citilink biasanya sudah masuk pukul 05.00, namun tadi pagi tiba di Bandara SMB II Palembang, sekitar pukul 07.34 WIB. 

Sedangkan pesawat Batik Air  sudah masuk pukul 06.35, namun tiba di Bandara SMB II Palembang, sekitar pukul 08.00 WIB. 

Selanjutnya, terakhir Pesawat jenis Lion Air sudah masuk pukul  07.15, namun tiba di Bandara SMB II Palembang, sekitar pukul 09.00 WIB. 

"Intinya, tiga pesawat yang delay ini diduga mungkin imbasnya selama musim kemarau sejak pagi dan malam hari, sehingga terjadi asap," ungkap Vinsensius A Laack. 

BACA JUGA:Curah Hujan Tinggi, Banyuasin Berkabut

Vinsensius A Laack berharap kepada masyarakat luas tetap tenang dan terus berkoordinasi dengan pihak maskapai faktor keselamatan yang hal utama.  

"Ini faktor alam yang tidak bisa dikendalikan, sehingga masyarakat luas tidak terprovokasi dan bersikap anarkis di bandara atau maskapai," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: