Selamat Jalan Aben Wizander, Atlet Profesional Polo Air Muba

Selamat Jalan Aben Wizander, Atlet Profesional Polo Air Muba

Aben Wizander bersama tim polo air Sumsel. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumsel berduka. Salah satu atlet polo airnya yang sudah terjun ke dunia profesional, meninggal dunia. Almarhum Aben Wizander bin Darmawi (27) meninggal dunia di Bandung, Jawa Barat, Senin 19 September 2022 pukul 10.30 WIB.

Jenazah sudah diterbangkan ke Kota Sekayu, Muba kampung halaman alharhum, Senin dan akan dimakamkan hari ini Selasa 20 September 2022 pukul 10.30 WIB.

Catatan wartawan SUMEKS.CO, Aben Wizander sebelum terjun ke dunia profesional polo air merupakan atlet renang jebolan Akademi Akuatik Sekayu (AAS) semasa Bupati Muba H Alex Noerdin. Pada tahun 2006, Bupati Muba H Alex Noerdin menghimpun perenang muda dari beberapa daerah di Sumsel. Seperti Muara Enim, Prabumulih, Banyuasin, Palembang, dan Muba. Aben Wizander terpilih sebagai salah satu perenang yang bergabung dalam AAS. Saat itu Aben Wizander masih duduk di bangku kelas VI SDN Kayuara, Kota Sekayu.

BACA JUGA:Lima Klub Polo Air Ikuti Gubernur Cup

Beberapa tahun berlatih renang, Aben Wizander hijrah ke polo air. Beranjak remaja, Aben Wizander menjadi atlet profesional polo air bersama jebolan perenang dan polo air AAS. Seperti Oktariza, Nurdiansyah, Alex Siswandono, Indra Saputra, Alan Delon, Kms Afriadi, Rendi Septiano, Martinus, dan Aji PJP.

Pada PON 2016 Jabar, Aben Wizander bersama tim polo air Sumsel berhasil meraih perunggu. Pada 2017, Aben Wizander mengikuti pelatnas SEA Games 2017. Terakhir PON Papua 2020 yang digelar pada 2021, Aben Wizander membela tuan rumah dan berhasil mengantarkan Bumi Cendrawasih meraih perunggu.

Usai membela Papua, Aben Wizander memilih menetap di Bandung dan menjadi atlet profesional.

Pada 2015, Aben Wizander sempat diundang SUMEKS.CO berbincang di Graha Pena. Saat itu Aben sudah tumbuh menjadi atlet polo air profesional dengan postur tubuh tinggi besar.

Sekretaris Pengprov PRSI Sumsel Hunce J Hamzah merasa kehilangan atas kepergian almarhum begitu cepat. Hunce mengenal Aben sejak pertama kali bergabung dengan AAS pada 2006 di Sekayu. Saat itu dirinya menjadi pengurus Pengkab PRSI Muba.

BACA JUGA:Gelar Kejuaraan Polo Air se-Sumsel

“Yang saya ingat, Aben waktu masih jadi perenang, badannya kecil dan selalu berjalan tidak mengenakan baju di Wisma Atlet. Kami sama-sama tinggal di Wisma Atlet,” kenang Hunce.

Sementara itu, Oktarizal, rekan sejawat almarhum menuturkan bahwa Aben dikenal sebagai atlet polo air profesional. Terakhir membela Sumsel saat PON Jabar 2016.

“Aben sempat memukul atlet polo air lawan saat bertanding di PON Jabar,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: