Penyebab Fenomena Kabut di Palembang, Begini Penjelasan BMKG

Penyebab Fenomena Kabut di Palembang, Begini Penjelasan BMKG

Fenomena kabut (fog) yang terjadi di Kota Palembang Selasa pagi membuat jarak pandang terbatas. BMKG menjelaskan fenomena kabut ini karena suhu permukaan bumi yang lebih dingin. Foto : CKM/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dari observasi cuaca BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Selasa 20 September 2022 pagi mencatat terjadi fenomena kabut (Fog) di Bandara SMB II Palembang. 

Kabut terdeteksi terjadi pukul 05.00 WIB hingga pukul 07.30 WIB di Kota Palembang dengan jarak pandang terendah 200 m.

Kabut (Fog) ini terjadi karena suhu permukaan bumi yang lebih dingin sehingga uap air yang berada di atas suhunya mencapai suhu titik embun dan mengalami kondensasi menjadi titik-titik air yang kecil dan melayang di permukaan menjadi kabut (Fog).

Dengan seiring munculnya sinar matahari, kabut ini akan menghilang. Kabut tebal dapat menghalangi jarak pandang manusia. 

BACA JUGA:BMKG Sampaikan Prakiraan Cuaca di Sumatera Selatan Hari Ini, Waspadalah

Kabut berbahaya jika terjadi di jalan raya, dunia penerbangan maupun kelautan, karena keterbatasan jarak pandang menyebabkan pengemudi sulit memprediksi jika ada benda atau kendaraan lain di depannya. 

“Diimbau masyarakat pengguna transportasi untuk berhati-hati jika terjadi fenomena kabut (Fog) dengan jarak pandang kurang dari 1 Km,” kata Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Desindra Deddy Kurniawan dalam keterangan resminya Selasa siang.

Sementara, untuk prakiraan cuaca wilayah Sumatera Selatan hari ini, pada pagi hari: cerah berawan; siang-sore hari: cerah berawan. Untuk potensi hujan sedang-lebat di wilayah OKI, Banyuasin, OKU Selatan, OKU Timur, Palembang, Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan Muara Enim.

Pada malam hari akan berawan; potensi hujan ringan di wilayah Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin dan Musi Rawas Utara.

BACA JUGA:Kabut Selimuti Palembang

Dini hari: berawan dan udara kabur; potensi hujan ringan di wilayah Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara.

Suhu udara: wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI: 24 – 33 °C, Kelembapan Udara 58 persen - 97 persen. 

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan : 20 – 32 °C; Kelembapan Udara 60 persen - 100 persen. 

Angin: Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 25 km/jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: