Ini Akibat Konsumsi Pisang Saat Perut Kosong

Ini Akibat Konsumsi Pisang Saat Perut Kosong

Pisang. Foto: Kio/Pexels.com--

JAKARTA, SUMEKS.COPisang adalah buah yang dikenal luas di Indonesia. Buah Pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara: dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan lain.

Meskipun buah Pisang merupakan buah yang penuh serat, nutrisi, dan kalium yang baik untuk tubuh. Ternyata konsumsi pisang saat perut kosong tidak diperbolehkan.

Namun, pisang memiliki kandungan karbohidrat dan gula alami yang cukup tinggi.

Larangan mengosumsi pisang saat perut kosong di karenakan hampir 90% kalori pisang berasal dari karbohidrat, yang dapat menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah, sehingga mudah terkena diabetes.

BACA JUGA:Catat, ini Enam Manfaat Kangkung

Selain itu memakan pisang saat perut kosong dapat menyebabkan ketidak nyamanan karena tubuh mudah kehilangan energi yang menimbulkan rasa lemas dan kelelahan yang hebat.

Mengingat besarnya resiko, ada baiknya untuk tidak mengonsumsinya kala perut masih kosong apalagi saat hendak beraktivitas karena selain cepat merasa lelah, juga akan membuat perut mudah kelaparan.

Dikutip dari jurnal Appetite, konsumsi makanan tinggi karbohidrat sebelum sarapan seperti pisang, bisa menambah nafsu makan dan menyebabkan lebih cepat lapar.

Hal ini dapat meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas.

BACA JUGA:Nyeri Haid? Ada Baiknya Anda Minum Teh Herbal Berikut

Alih-alih hanya makan pisang saat perut kosong di pagi hari, cobalah makan pisang sebelum sarapan. Dengan menyantap makanan tinggi serat, protein, dan lemak sehat. (dra/fajar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fajar.co.id