Naik Tahta Jadi Raja Inggris, Segini Net Worth Charles

Naik Tahta Jadi Raja Inggris, Segini Net Worth Charles

Raja Charles III resmi diproklamasikan menjadi Raja Inggris baru di Istana St James pada Sabtu 10 September 2022.--

LONDON, SUMEKS, CO -  Setelah Ratu Elizabeth II meninggal, putra sulungnya, Raja Charles III sekarang menjadi raja konstitusional. Pangeran Wales ini membawahi enam belas kerajaan dari 53 negara anggota Persemakmuran serta Kepala Persemakmuran dan Gubernur Tertinggi Gereja Inggris.

Berapa kekayaan bersih Raja Charles? Dikutip dari marca.com, Sebelum menjadi Raja Inggris, Pangeran Charles mengantongi kekayaan bersih atau net worth senilai sekitar $ 100 juta dolar.

Pundi harga itu diterima suami dari mendiang Lady Diana itu karena posisinya sebagai Duchy of Cornwall. Duchy of Cornwall yang didirikan pada 1337 untuk memberikan pendapatan bagi Pangeran Wales dan keluarganya.

Beberapa properti perwalian, yang meliputi pondok, perkebunan tepi laut, rumah pedesaan dan banyak lagi. Dari sini diyakini menghasilkan pendapatan antara $ 20-30 juta dolar setiap tahun.

Sekarang, karena Pangeran Charles naik menjadi raja, maka dia digantikan putranya Pangeran William akan mewarisinya dan menjadi penerima semua harta itu. Raja Charles III saat ini diperkirakan punya kekayaan bersih sekitar USD 500 juta dolar atau sekitar Rp 7,4 triliun dari aset pribadi. 

Sebagai kepala keluarga kerajaan, Raja Charles III mendapatkan royalti The Crown Estate., Ini  sebuah perkebunan pribadi aset komersial, pertanian, dan perumahan yang dimiliki oleh bangsawan sejak Abad Pertengahan.

The Crown Estate bernilai sekitar USD 25 miliar dolar dan menghasilkan perkiraan keuntungan $20 juta dolar setiap tahun untuk penguasa. Tak hanya itu, dari portofolio real estat  atau yang lebih dikenal sebagai Duchy of Lancaster memberi raja penghasilan tambahan $30 juta per tahun.

Karena sebagai kepala keluarga kerajaan, Raja Charles III  dimungkinkan menggunakan 25% dari pendapatan yang dihasilkan oleh Crown Estate. Raja Charles III juga menyimpan beberapa karya seni yang nilai miliar dolar poundsterling. 

Royal Collection Trust menyimpan karya seni keluarga kerajaan dan barang-barang tak ternilai lainnya, yang nilainya melebihi USD 1 miliar dolar. Selain itu Charles akan menerima warisan lebih dari satu juta benda antik, termasuk lukisan . dari artis paling terkenal dalam sejarah, seperti Leonardo da Vinci atau Rembrandt dengan total sekitar USD 70juta. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: