Cegah Inflasi, Sekda Ajak Tanam Cabai di Kantor

Cegah Inflasi, Sekda Ajak Tanam Cabai di Kantor

Gerakan tanam cabai di kantor Bappeda Litbang Palembang. foto: deny sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa meminta Dinas Pertanian membuat surat edaran ke seluruh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Negeri Sipil Daerah (Non PNSD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lain untuk menanam cabai di kantor masing-masing. 

"Ini gunanya, untuk menjaga inflasi khususnya di Kota Palembang," kata Sekda Kota Palembang Ratu Dewa usai Launching Office Farming dalam mendukung pengendalian inflasi daerah  dengan menanam cabai di kantor Bappeda Litbang Kota Palembang, Jumat 9 September 2022. 

Ratu Dewa mengatakan, sudah cukup banyak dengan menanam cabai ini, maka inflasi khususnya di Kota Palembang bisa terjaga dan stabil. 

"Ini merupakan gerakan awal di Kantor Bappeda, intinya saya meminta ke depannya kepada Pegawai ASN, Non PNSD dan OPD yang lainnya untuk menanam cabe di kantornya masing-masing," ujar Ratu Dewa. 

BACA JUGA:IRT Resah, Cabai dan Bawang Masih Tinggi

Ratu Dewa menambahkan, berdasarkan dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Selatan 

untuk mengoptimalkan TPID di setiap daerah dan juga provinsi, serta dukung untuk menjaga inflasi pangan Adapun upaya, yaitu dengan Gerakan nasional pengendalian inflasi pangan (GNPIP) Ada 7 langkah, yakni

1. Operasi pasar bersama di lapangan pada saat timing yang tepat.

2. Memperluas kerjasama antar daerah, ini saya rasa sangat penting sekali untuk menjaga stabilitas, katakanlah  cabe merah, cabe rawit, telur ayam dan beras yang menjadi produk volatile food cukup tinggi.

3. Recofusing anggaran ini sangat tergantung sekali terhadap APBD provinsi dan kota Palembang

4. Mendorong penggunaan data dan digitalisasi untuk pertanian (digital farming). 

5. Gerakan tanaman untuk komoditad volatile food (urban farming) bagaimana seluruh masyarakat ikut menanam cabe, bawang merah dan komoditas volatile food lainnya untuk menjaga stabilitas pangan.

6. Penyedian Alsintan.

BACA JUGA:Cabai Merah Rp110 Ribu Per Kilogram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: