Ratu Elizabeth Meninggal, Pangeran Charles Jadi Raja

Ratu Elizabeth Meninggal, Pangeran Charles Jadi Raja

Pangeran Charles. foto: vanity fair--

SUMEKS.CO – Meninggalnya Ratu Elizabeth II membuat suksesi monarki Inggris berganti. Pangeran Charles yang mendapat gelar Pangeran Wales selaku putra tertua akan menjadi raja menggantikan Ratu Elizabeth II. Charles memimpin monarki Inggris dalam usia 73 tahun.

Sepanjang hidupnya, Charles telah menghabiskan waktunya sebagai pewaris tahta. Sifatnya terkadang dinilai jauh lebih kontras dan mengundang kontroversi dibanding Ratu. Di mata publik, Charles dinilai lebih blak-blakan.

Elizabeth sudah menjadi ratu sejak berusia 25 tahun. Saat itu untuk mendapatkan dukungan rakyat yang besar di Inggris dan usai pulih dari Perang Dunia II. Publik memiliki waktu puluhan tahun untuk membentuk opininya dibanding dengan Charles.

Menurut salah satu jajak pendapat YouGov pada Mei 2022, Charles mendapat peringkat persetujuan 56 persen menjadi Raja, jauh di belakang ratu (81 persen), putra sulungnya Pangeran William (77 persen), dan istri William, Catherine (76 persen). Camilla, istri kedua Charles (48 persen).

BACA JUGA:Ini Profil PM Inggris Baru, Kaum Perempuan LoBACA JUGA:Ini Profil PM Inggris Baru, Kaum Perempuan Lo

Sejak kematian ayahnya Pangeran Philip pada April 2021 dan kesehatan ibunya yang menurun, Charles menjadi lebih terlihat, mempererat lingkaran dalam di sekelilingnya dengan Camilla, adik bungsunya Edward, William dan Kate.

“Apa pun yang terjadi, dia tidak akan memiliki masa kekuasaan yang lama dan itu akan sulit baginya,” kata penulis kerajaan Phil Dampier seperti dilansir dari Sun Daily, Jumat 9 September 2022.

“Tapi dia sudah tahu ini sejak lama, dan saya pikir orang-orang sekarang akan mulai melihat proyeksi William dan Kate untuk masa depan,” katanya kepada AFP.

Lahir pada 14 November 1948, Charles menjadi pewaris tahta pada usia muda tiga tahun tiga bulan

Charles di Mata Dunia

BACA JUGA:Musibah Tragis saat Balapan F1 GP Inggris

Dunia mengenalnya dengan sangat baik tidak hanya karena pernikahannya dengan Lady Diana Spencer pada tahun 1981, tetapi juga perceraian pada 1990-an. Camilla, Duchess of Cornwall, istri keduanya, secara teoritis akan selalu menjadi permaisuri.

Namun Camilla, yang menikahi Charles dalam upacara sipil pada 2005. Ia memilih untuk tidak menyandang gelar putri Wales, mengingat hubungannya dengan Diana, yang meninggal pada 1997.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: