Anda Menderita Asap Urat? Coba Obat Herbal Berikut

Anda Menderita Asap Urat? Coba Obat Herbal Berikut

Cuka sari apel. foto: Iherb--

SUMEKS.CO - Penyakit asam urat biasanya diidap seorang yang sudah menginjak usia di atas 40 tahun. Penyakit ini bisa terjadi karena faktor keturunan dan mengonsumsi makanan kaya purin terlalu sering. Gejala asam urat biasanya menyerang sendi-sendi tubuh Anda.

Asam urat bisa diatasi dengan mengonsumsi obat. Namun, ada beberapa herbal alami yang ternyata bisa membantu mengatasi asam urat.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Cuka sari apel

BACA JUGA:Usir Asam Urat Anda dengan Daun Sirsak

Keasaman cuka sari apel disinyalir bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat radang sendi, termasuk asam urat. Pasalnya, cuka sari apel bisa meningkatkan alkalinitas (kebasaan) tubuh dan memiliki sifat antiinflamasi.

Berdasarkan penelitian di Jepang pada 2010, pola makan atau makanan tertentu, seperti cuka apel, yang bisa meningkatkan alkalisasi urin, ternyata ampuh meningkatkan pembuangan asam urat (uric acid) dari tubuh.

2. Biji seledri

Penelitian yang dipublikasikan di Molecular Medicine Reports pada 2019 menunjukkan bahwa ekstrak biji seledri merupakan herbal alami yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Penggunaan ekstrak biji seledri disebut bisa mengurangi pembengkakan di sekitar sendi akibat peradangan penyakit asam urat.

3. Brotowali

BACA JUGA:Hajar Asam Urat dengan Buah Berikut

Melansir ulasan studi dari Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry pada 2017, ekstrak jus batang brotowali bisa menjadi obat herbal alami untuk asam urat. Pasalnya, brotowali diyakini membantu menetralkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

4. Tanaman jelatang

Tanaman jelatang (stinging nettle), atau dalam bahasa latin disebut sebagai urtica dioica, adalah tanaman herbal yang dipercaya bisa menjadi obat tradisional untuk asam urat. Anda bisa mengonsumsi ekstrak tanaman jelatang dalam bentuk kapsul, tablet, teh, atau daun utuh.(genpi/dom/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: