Kolaborasi Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

Kolaborasi Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

Pelaksanaan simulasi pemadaman api oleh BPBD, Mangala Agni berserta TNI-Polri, dalam kegiatan pembinaan masyarakat tanggap darurat, di halaman Makodim 0402/OKI, Kamis 8 September 2022.-Niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Komando Distrik Militer 0402/OKI berkolaborasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Manggala Agni XVII/OKI melaksanakan pembinaan masyarakat tanggap darurat. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Darmawangsa Makodim 0402/OKI, Kamis, 8 September 2022. 

Kegiatan itu dalam rangka membantu Pemerintah Daerah sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

Dalam sambutan Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra SSos MM MIPol disampaikan oleh Kepala Staf Kodim 0402/OKI  Mayor Czi Saipul Anwar, bahwa sosialisasi ini dan edukasi tentang tanggap bencana menjadi hal yang penting bagi seluruh elemen yang ada.

BACA JUGA:Spanduk Kocak dan Nyeleneh di Sela Panasnya Aksi Massa di Palembang

"Hari ini kita laksanakan pembinaan masyarakat dalam tanggap darurat. Dan langsung praktek di halaman Kodim," ujar Kasdim. 

Dikatakannya, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, besar harapannya akan semakin menambah pengetahuan serta kemampuan dalam tanggap bencana secara cepat, cermat dan tepat. 

Kasdim menegaskan, bencana itu bisa datang kapan saja dan dimana saja, untuk itu kegiatan ini juga akan menjadi wahana dalam meningkatkan dan membangun sinergitas dan kerjasama seluruh komponen dalam tanggap bencana.

Sementara itu, perwakilan BPBD OKI Fahrul selaku narasumber menyampaikan, adapun materi yang diberikan meliputi karakteristik dan ancaman bencana. Termasuk potensi bencana yang terjadi di wilayah OKI serta bagaimana penanggulangan bencana.

BACA JUGA:Niat Gabung Demo, Pelajar Dipukul Mundur

"Pada intinya, kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan pemahaman serta kepekaan dalam memahami tanda-tanda bencana, sehingga kita dapat mengantisipasi maupun tanggap bencana melalui langkah yang tepat dan berdaya guna," terang Fahrul. 

Usai pemberian materi di Aula Darmawangsa, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pemadaman api oleh Manggala Agni bersama BPBD dan personel TNI-Polri. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: