Maruf Amin Minta Pemda Perkuat Suplai dan Jaga Pasokan Kebutuhan Pokok

Maruf Amin Minta Pemda Perkuat Suplai dan Jaga Pasokan Kebutuhan Pokok

Wapres Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru saat membuka Sidang Pleno XIX 2022, di Hotel Whyndam Jakabaring, Rabu, 7 September 2022.-edy handoko-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meminta pemerintah daerah memperkuat suplai dan pasokan kebutuhan pokok agar inflasi dapat dikendalikan. 

Hal ini diungkapkannya saat Sidang Pleno ke-19 Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) dan Halal Summit 2022, di Hotel Wyndham, Palembang, Rabu 7 September 2022.

Maruf Amin mengungkapkan, kebijakan yang dilakukan harus tepat sasaran. Misalnya subsidi diperuntukkan untuk kelompok masyarakat rentan dan anggaran dialokasikan secara efektif sesuai priotitas. 

Selain itu, Wapres mengimbau agar kebijakan fiskal dan moneter dilakukan secara hati-hati dan efektif guna menjaga stabilitas makroekonomi.

BACA JUGA:Mobil Wapres Maruf Amin Dihadang Pendemo yang Menggelar Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM

"Hal itu harus sesuai dengan kebijakan agar tidak salah sasaran," imbuhnya.

Lebih lanjut, Maruf Amin berharap agar seluruh pemerintah daerah agar mempercepat inovasi dan digitalisasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif. 

Menurutnya, sudah semestinya inovasi dan digitalisasi menjangkau semua kelompok masyarakat agar dapat menjadi medium kemajuan dan pertumbuhan ekonomi.

"Banyak hal yang dapat dilakukan salah satunya dengan usaha koperasi, membatasi penguasaan lahan, memperluas akses modal bagi pelaku UMKM, optimalisasi BUMN, dan industrialisasi perdesaan yang berbasis sumber daya lokal," ucapnya.

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Serahkan Bantuan ke Masyarakat Sumsel, Ini Jumlahnya

Untuk itu, dengan adanga Halal Indonesia Summit 2022 bersamaan dengan Sidang Pleno ke-19 AFEBI ini diharapkan dapat mempromosikan bisnis halal dan membuka peluang usaha halal bagi masyarakat.

"Dengan dukungan semua pihak, kita optimis, insya Allah, Indonesia menjadi Pusat Halal Dunia pada tahun 2024," tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: