1.352 Peserta Ikuti Lomba Baca Cerpen, Tersisa 150 Orang

1.352 Peserta Ikuti Lomba Baca Cerpen, Tersisa 150 Orang

Salah satu peserta lomba baca cerpen Dinas Pendidikan Sumsel, Rabu 31 Agustus 2022. foto: edy handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 150 peserta memasuki babak grand final lomba baca cerpen tingkat umum se-Sumsel usia 17-30 tahun. Termasuk 17 sekolah, SMA dan SMK di Palembang.

Dari 1.352 peserta yang mengikuti lomba cerpen, saat ini tersisa 150 peserta. Untuk seleksi pertama, kegiatan ini sudah berlangsung sejak 16-31 Juli lalu dengan menyisakan 276 peserta. Memasuki babak penyisihan selanjutnya hingga grand final yang digelar 31 Agustus di Dinas Pendidiikan Sumatera Selatan (Sumsel) menyisakan 150 peserta.

"Hari ini tersisa 150 peserta yang memasuki grand final," kata Kepala Dinas Pendidikan Riza Fahlevi.

Dijelaskannya, untuk kategori lomba akan diambil juara 1, 2, 3, favorit 5, 10, 25, 50, 100 dan terakhir favorit 150. Kriteria pemenang yang dipilih yakni, sesuai penjiwaan peserta saat membacakan cerpen.

BACA JUGA:Try Out Akbar SBMPTN Bersama Dinas Pendidikan Sumsel

"Semuanya dapat hadiah, dari juara 1 hingga favorit 150," bebernya.

Riza mengungkapkan, kegiatan ini harus dilanjutkan ke tengah-tengah masyarakat. Karena, kegiatan ini dinilai dapat memberikan orientasi, visi dan misi yang jelas. Serta turut memajukan Sumsel khususnya di bidang pendidikan.

"Jangan hanya Dinas Pendidikan saja yang mengadakan. Namun, harus juga organisasi dilaksanakan di setiap daerah," imbuhnya.

Sementara, Gubernur Sumsel H Herman Deru menambahkan, diharapkan kepada para peserta dapat menunjukkan penjiwaannya khusus di dunia pendidikan. Hal ini penting karena salah satu bentuk orientasi kepedulian terhadap pendidikan ini dapat dilakukan dengan lomba seperti ini.

"Kita harapkan masyarakat khususnya anak muda gaungkan dunia pendidikan. Cerdas harus disertai keberanian," ujar Deru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: