Bidar Mini Tradisi Lokal Harus Dilestarikan

Bidar Mini Tradisi Lokal Harus Dilestarikan

BIDAR : Perlombaan Bidar Mini yang digelar oleh pemerintah Desa Muara Lawai dalam melestarikan tradisi lokal di Danau Cecuho.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Ribuan masyarakat antusias menyaksikan perlombaan Bidar Mini yang digelar oleh pemerintah Desa Muara Lawai dalam melestarikan tradisi lokal pada peringatan  HUT RI ke-77 di Danau Cecuho Desa Muara Lawai, kecamatan Muara Enim, Jumat 26 Agustus 2022.

Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan sangat mengapresiasi gelaran lomba bidar ini. Soalnya sudah kurang lebih 2 tahun penyelenggaraan lomba bidar ini ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Dikatakannya, bahwa tahun ini merupakan momentum untuk bangkit dan pulih, khususnya warga Desa Muara Lawai dan kabupaten Muara Enim umumnya.

Dimata Kurniawan, danau yang memiliki panjang sekitar 650 meter ini, merupakan salah satu potensi wisata yang menarik dan ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata favorit nantinya.

BACA JUGA:Tim Popda Basket Putra Muara Enim Raih Perak

“Dirinya berharap, karena danau ini dikelola oleh Bumdes, agar pemerintah desa bisa mengelolanya sebaik mungkin sehingga nanti pemerintah bisa mengusahakan bantuan beserta bantuan CSR untuk pengembangannya nanti,” harapnya.

Bidar Mini ini harus terus dilestarikan. Sebab Bidar Mini ini sudah merupakan salah satu tradisi lokal yang dilakukan oleh masyarakat Desa Muara Lawai.

“Ke depan kita akan memberikan dukungan melalui APBD dan CSR karena danau ini dikelola oleh Bumdes. Nanti kita akan lihat pemaparan penataannya seperti apa bisa dipaparkan ke Dinas Pariwisata dan kita akan support itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kades Muara Lawai Edi Wanseri, mengatakan momentum penyelenggaraan lomba Bidar Mini ini masih dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 ini seperti yang disampaikan oleh ketua panitia tadi adalah puncak HUT RI.

BACA JUGA:Baru Sebentar Diparkir di Rumah Teman, Motor Kesayangan Raib Dicuri Maling

Informasi dari kepanitiaan, kata Edi,  saat ini sudah terdaftar 45 peserta, perlombaan ini rencananya akan dilaksanakan 3 hari tanggal 26, 27, dan berakhir pada tanggal 28 Agustus mendatang.

“Kami ucapkan terimakasih kepada bapak Pj Bupati yang sudah hadir dan membuka acara secara langsung, saya harap  peserta menjunjung seperti sportivitas,” pungkasnya.(ozi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: