Banyak Penumpang, Feeder LRT Ditambah

Banyak Penumpang, Feeder LRT Ditambah

New oplet Feeder LRT. Foto: edy handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tahun depan, pemerintah akan menambah lima rute koridor untuk angkutan layanan angkot feeder (New Oplet Musi Emas).

Kelima rute tersebut yakni, Makrayu-Palembang Icon, UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor-Sukabangun I, Terminal Plaju-Tegal Binangun-Jakabaring, Komplek OPI-Komp. TOP-St. LRT DJKA, serta Perum Talang Betutu-Simpang Kades.

Sejak beroperasi secara gratis di dua koridor pada Juni 2022 lalu, sekitar 100 ribu lebih penumpang telah menggunakan angkot feeder atau angkutan pengumpan untuk Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT).

"Saya senang sejak diluncurkan feeder LRT ini, penumpang LRT pun turut naik 25 persen," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, usai pengenalan angkot listrik, di Asrama Haji Palembang, Sabtu 27 Agustus 2022.

BACA JUGA:Yuk, Nikmati Oplet Feeder LRT Gratis

Dikatakan Budi Karya Sumadi, perkembangan transportasi feeder LRT tersebut telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Keberhasilan itu, mendapat apresiasi dan Presiden Jokowi menugaskan pihak Kementerian Perhubungan untuk menambah koridor feeder LRT.

"Saya lapor Presiden, beliau apresiasi, dan menugaskan agar ditambah lagi," ungkap Menhub Budi.

Lanjut Menhub, untuk penambahan koridor angkot feeder LRT ke depannya akan menggunakan mobil listrik. Kendati begitu, hal ini butuh suatu studi atau kajian untuk melakukan pengamatan dan komparasinya.

Selain itu, Budi Karya mendorong agar dilakukannya integrasi sistem pembayaran e-ticketing antarmoda angkutan massal yang ada di kota Palembang, yaitu antara angkot feeder, BRT, dan LRT.  Sistem E-Ticketing berbasis akun berguna untuk mendukung integrasi pembayaran antarmoda dan sosialisasi sistem pembayaran BRT.

BACA JUGA:Feeder LRT Sepi Penumpang, Balai Pengelola KA Ringan Siap Evaluasi

"Pada sistem e-ticketing ada konsep first mile dan last mile. Jadi ada kepastian dari dan tujuan secara lengkap dan terukur, yang memberi kemudahan bagi masyarakat," ujar Budi Karya Sumadi.

Diketahui, sejak peluncuran angkot Feeder pada Juni lalu, jumlah penumpangnya mencapai 105.709 orang. Sejalan dengan itu, penumpang LRT per 23 Agustus 2022 juga meningkat, yaitu hingga 1.791.803 penumpang. Hingga akhir tahun diproyeksikan jumlah penumpang LRT bisa melebihi masa sebelum pandemi yaitu sebanyak 2,7 juta penumpang.

Saat ini angkot feeder LRT melayani dua rute/koridor, pertama yaitu lintas Talang Kelapa-Talang Buruk via Asrama Haji dengan panjang rute 20,4 Km. Rute kedua yaitu lintas Asrama Haji -Sematang Borang via Jl Noerdin Pandji dengan panjang rute 40.2 Km. 

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat berencana melanjutkan pengembangan layanan angkot feeder pada 2023 mendatang dengan menambah rute baru yakni, Makrayu-Palembang Icon, UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor-Sukabangun I, Terminal Plaju-Tegal Binangun-Jakabaring, Komplek OPI-Komp. TOP-St. LRT DJKA, serta Perum Talang Betutu-Simpang Kades. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: