Tower Jembatan Ampera Dibangun Restoran, ini Pesan Herman Deru

Tower Jembatan Ampera Dibangun Restoran, ini Pesan Herman Deru

Jembatan Ampera. foto: dok sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendukung pembangunan lift dan restoran yang diwacanakan akan dibangun di atas menara Jembatan Ampera.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel H Herman Deru, usai penyerahan penghargaan bidang lingkungan hidup kepada penggiat lingkungan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tingkat Provinsi Sumsel tahun 2022, di Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang, 27 Agustus 2022.

"Selama konstruksi bangunannya masih memadai, ya silahkan saja," ucap Deru.

Dikatakan Deru, Pemprov Sumsel mendukung pembangunan lift dan restoran di atas Jembatan Ampera selagi itu mash ada kesinambungannya untuk menarik minat wisatawan.

BACA JUGA:Jelang Nataru, Jembatan Ampera Direncanakan Ditutup

"Selagi masih berkesinambungan dan menarik minat wisawatawan tidak jadi masalah," ungkap Deru.

Namun, dia menekankan, jika memang wacana pembangunan itu terlaksana maka Jembatan Ampera harus benar-benar dirawat dan dijaga agar tidak merusak.

"Tapi harus dirawat dan dijaga," tegasnya.

Sementara, diketahui sebelumnya pemerintah mewacanakan pembangunan lift dan restoran di atas menara Jembatan Ampera.

Kendati, hal tersebut menjadi perdebatan di kalangan sejarawan. Karena, hal demikian dianggap hanya akan merusak cagar budaya. Mengingat, Jembatan Ampera sudah berusia 60 tahun. Selain itu, Jembatan Ampera juga dianggap tidak akan mampu jika ditambah beban seperti lift dan restoran.

BACA JUGA:Jam Jembatan Ampera Mati, Pemerintah Cuek

Sementara itu, Arkeolog Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Retno Purwanti menambahkan, pihaknya sangat tidak mendukung dengan adanya wacana tersebut. Retno menilai, beban Jembatan Ampera sudah sangat overload dan lift itu akan praktis mengganggu kestabilan jembatan.

"Lift sama restoran mau ditaruh dimana? Kalau mau nambah bangunan itu harus dikaji lebih dalam," cetusnya saat dibincangi SUMEKS.CO, Sabtu 27 Agustus 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: