Dandim Palembang Jadi Bapak Asuh Stunting

Dandim Palembang Jadi Bapak Asuh Stunting

H Harnojoyo bersama Sumarlin Marzuki. Foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dandim 0418/Palembang, Letkol Infantri Sumarlin Marzuki dinobatkan sebagai Bapak Asuh Stunting Kota Palembang oleh Wali Kota Palembang, H Harnojoyo.

"Oleh karenanya dalam kesempatan yang baik ini, kami sangat berterima kasih terkhusus kepada Bapak Asuh, yakni Dandim 0418 Palembang yang terus ikut serta dalam membantu penurunan angka stunting di Kota Palembang," Kata Wali Kota Palembang, H Harnojoyo ketika menyampaikan kata sambutan di Grand Atyasa Covention Center Kota Palembang, Rabu 24 Agustus 2022.

Sementara Letkol Infantri Sumarlin Marzuki menjelaskan, program penurunan angka stunting juga merupakan tugas TNI Angkatan Darat (AD).

"Jadi TNI turut membantu pemerintah dan rakyat jika ada kesusahan di tengah masyarakat," jelasnya.

Sumarlin Marzuki, mengajak masyarakat yang berkecukupan agar menjadi orang tua asuh untuk membantu anak-anak yang terkena stunting.

"Kita terus menjalankan program secara berkolaborasi dengan Pemkot Palembang, Puskesmas, dan tenaga medis. Di lapangan kita membentuk tim untuk mendata dan memberi perhatian kepada anak yang beresiko stunting," ucapnya.

Dia menyebutkan berdasarkan pantauan di lapangan, angka stunting yang tinggi di Kota Palembang yakni Kecamatan Ilir Barat II dan Kecamatan Sako.

"Hal itu dikarenakan rata-rata dari mereka hidup dibawah standar kesehatan, dari segi lingkungan, sanitasi, dan kehidupan sumber air terbatas. Ini menjadi salah satu faktor mereka tidak sehat, terkadang walaupun gizi mencukupi tetapi sanitasi kurang sehat juga berpengaruh terkena stunting. Bantuan yang diberi TNI AD berupa makanan bergizi atau susu untuk memenuhi kebutuhan tiap bulan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: