Pemkot Palembang Kaji Pendirian BPBD

Pemkot Palembang Kaji Pendirian BPBD

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Palembang. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palembang.

"Rapat koordinasi hari ini masih tahap permulaan untuk perencanaan dibentuknya BPBD Kota Palembang karena belum ada untuk Pemkot. Jadi pihak pemkot mengundang Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Palembang diminta untuk membentuk BPBD," kata Sekretaris Dinas DPKPB Kota Palembang, Tris ketika diwawancarai usai rapat koordinasi tentang kelembagaan BPBD Palembang, di Kantor Wali Kota Palembang, Selasa 23 Agustus 2022

Tris menjelaskan, perencanaan pembentukan itu masih tahap pemaparan oleh DPKPB Kota Palembang, dan akan dikaji oleh OPD Kota Palembang antara lain Bappeda Litbang Palembang, dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palembang.

"Pemaparan tersebut akan dikaji lebih dalam oleh OPD Pemkot Palembang mengenai perlu atau tidak pembentukan BPBD Kota Palembang itu, dikaji dari sisi fungsi, kinerja dan anggaran," jelasnya.

Lanjut Tris, BPBD Kota Palembang sangat diperlukan karena pentingnya badan khusus yang menangani berbagai bencana.

"Terlebih mengingat saat ini Pemkot Palembang belum ada, perlunya ada BPBD bukan hanya hanya menangani banjir dan kebakaran, tetapi bencana yang tidak terduka lainnya seperti faktor non alam, sebagai contoh penyakit atau wabah COVID yang melanda maka perlu badan khusus yang bertanggung jawab, termasuk bencana karena manusia seperti kebocoran gas, atau jatuhnya pesawat," tutupnya.

Sementara, Asisten III Administrasi Umum Pemkot Palembang, Zulkarnain Organisasi Setda Asisten III Pemkot Palembang, Joni Marwan menuturkan, akan ada rapat lebih lanjut mengenai perencanaan pembentukan BPBD Kota Palembang.

"Keputusannya belum ada sekarang, masih ada rapat lagi, kebetulan Asisten III belum hadir jadi saya mewakili hari ini, final keputusan dari persetujuan wali kota Palembang," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: