Sebelum Bertanding, Peserta Lomba Bidar di Sungai Musi Lakukan Ritual Ini

Sebelum Bertanding, Peserta Lomba Bidar di Sungai Musi Lakukan Ritual Ini

Peserta lomba bidar terlihat makan nasi bungkus sebelum bertanding., Minggu (21/8).-Fadli-

SUMEKS.CO, PALEMBANG –Hari ini (  Ahad (21/8) perlombaan Bidar memeriahkan HUT Ke-77 Republik Indonesia, digelar di Sungai Musi, Palembang.

Sejak pagi, sejumlah peserta perwakilan kabupaten/kota dan instansi sudah melakukan persiapan. Diantaranya, Tim Bidar PT Pusri.

Supaya kuat, tampak Tim Bidar dari PT Pusri menyantap nasi bungkus, sembari duduk di perahu bidar yang sudah standby di Dermaga Benteng Kuto Besak.

"Kalau prediksinya peserta lomba Bidar tidak kesulitan, karena kondisi sungai Musi lagi surut, sehingga peserta tidak melawan arus," kata salah satu warga berkomentar menjelang pertandingan.

BACA JUGA:Dua Tahun Pandemi, Parade Perahu Hias Akhirnya Ramaikan Sungai Musi

Sementara, dari pantauan beberapa peserta perahu Bidar satu persatu mulai berdatangan di garis start depan bekas Pelabuhan Ferry Tangga Buntung.

Aada lebih kurang tujuh tim perahu Bidar baik dari instansi pemerintah maupun swasta yang juga melakukan sesi latihan menjelang perlombaan.

 

Sementara itu, meskipun lomba Bidar memeriahkan HUT RI Ke-77 belum dimulai, antusiasme warga Kota Palembang untuk menyaksikan perlombaan Bidar cukup tinggi.

Warga sudah berkumpul sejak pagi diatas Jembatan Musi 6.

Amrullah (46) warga Kalidoni mengaku sengaja datang bersama anak dan istri untuk sekedar menonton lomba perahu Bidar.

BACA JUGA:Tak Ada Karcis, Jukir Kawasan BKB Raup Untung Berlipat, Setor ke Siapa?

"Ya senang mas, sengaja ajak anak istri kesini karena sudah dua tahun sejak Pandemi merebak, dan tahun ini baru diadakan lagi," kata bapak dua anak ini dibincangi SUMEKS.CO.

Dari pantauan, beberapa perahu Bidar dengan berbagai warna dan tim saat ini sedang persiapan perlombaan, yang menurut informasi akan dilangsungkan sekira pukul 10.00 WIB.

Adapun start perlombaan Bidar di Sungai Musi mengambil posisi tepat di bekas Pelabuhan Ferry Tangga Buntung Palembang, dan finish di depan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.(Fdl)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: