Peternak Ikan Diajari Bikin Pakan

Peternak Ikan Diajari Bikin Pakan

Dewi Isawpatita. foto: niskiah sumeks.co--

SUMEKS. CO, KAYUAGUNG - Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam setahun menargetkan sebanyak 160 pembudidaya ikan mendapatkan sosialiasi gerakan pakan mandiri atau gerpari. 

"Yya untuk tahun ini dinas kita menargetkan 160 pembudidaya ikan yang tergabung dalam kelompok menerima pengetahuan gerpari. Alhamdulilah telah dilaksanakan," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten OKI Ir Irawan melalui analis aquakultur Dewi Isawpatita SP, Sabtu (20/8). 

Menurut dia, sosialisasi gerpari ini sangat penting yaitu bertujuan kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) membuat sendiri pakan dengan menggunakan baku lokal yang ada di lingkungan. 

"Gerpari ini sendiri adalah program Kementerian Perikanan dan Kelautan. Untuk Kabupaten telah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu," ujar Dewi. 

Dijelaskannya, pembuatan pakan dengan menggunakan bahan lokal berupa bahan sisa-sisa pertanian dan peternakan. Seperti dedak, usus ayam, ampas tahu, dan kedelai. 

Lanjut dia, bahan-bahan lokal tersebut, tersedia di Kabupaten OKI. Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi kepada pokdakan. Dengan adanya pakan membuat sendiri dapat mengurangi biaya produksi pembudidaya ikan. 

"Sampai saat ini telah terlaksana ada sebanyak 125 pokdakan yang menerima sosialisasi gerpari. Agustus ini setop dulu, kemungkinan September dilaksanakan kembali," terangnya. 

Dewi menambahkan, untuk pokdakan yang telah mendapatkan sosialisasi gerpari terdapat di Kecamatan Jejawi, Desa Anyar Kecamatan Kayuagung, Kecamatan Pedamaran, Lempuing,  Sungai Menang, dan Tulung Selapan. (nis) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: