Ikut Lomba Tradisional, Nostalgia Masa Kecil

Ikut Lomba Tradisional, Nostalgia Masa Kecil

Dua pelajar bertarung dalam lomba gebuk bantal. foto: edy handoko sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Sebanyak 24 SMA dan SMK di Kota Palembang mengikuti lomba olahraga tradisional memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahu,  di halaman kantor Gubernur Sumsel, Sabtu (20/8).

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumsel Samantha Tivani mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel mengadakan lomba tingkat SLTA sederajat agar para pelajar lebih mengenal olahraga tradisional.

"KORMI Sumsel bekerja sama dengan Disdik dan Dispora Sumsel mengadakan lomba tradisional untuk SMA dan SMK se-Kota Palembang," kata Samantha saat dibincangi, Sabtu (20/8).

Dijelaskannya, berbagai lomba tradisional yang digelar diantaranya, tarik tambang, gebuk bantal, caengkleng, bakiak, dan lainnya. Lomba tersebut setidaknya diikuti lebih dari 1.300 pelajar di Kota Palembang. Pihaknya juga telah menyiapkan piala dan masih banyak lagi hadiah lainnya.

"Berbagai lomba tradisional yang kita adakan, tadi langsung dibuka oleh gubernur," bebernya.

Lanjut Samantha, melalui kegiatan lomba ini diharapkan pelajar yang ada di Sumsel dari tingkat SD, SMP, dan SMA dapat melestarikan olahraga tradisional ini. Menurutny, jika tidak dilestarikan maka olahraga tradisional ini akan terlupakan.

"Jangan sampai dengan majunya teknologi dan kecanggihannya membuat kita melupakan olahraga tradisional," imbuhnya.

Sementara itu, Tiara, salah satu pelajar SMA Negeri 8 kelas XI mengungkapkan, secara pribadi dia sangat senang telah mengikuti lomba tradisional ini. Dia menilai, dengan adanya lomba seperti ini anak muda milenial dapat mengingat kembali permainan yang biasa dimainkan waktu masa kecil.

"Senang kak, karena kami bisa bernostalgia mengingat masa kecil saat bermain olahraga tradisional seperti ini," pungkasnya. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: