Dosen PPKn FKIP Unsri Kembali Laksanakan PPM

Dosen PPKn FKIP Unsri Kembali Laksanakan PPM

--

Beri Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK

SUMEKS.CO, BANYUASIN - Tim dosen dari Program Studi (Prodi) PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sriwijaya (Unsri), kembali mengelar kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM), pada Kamis (18/8/2022). 

Kali ini PPM digelar berupa memberikan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), di SMP Negeri 6 Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kegiatan PPM ini diketuai oleh Dra Umi Chotimah MPd PhD. Beranggotakan Kurnisar SPd MH, Mariyani SPd MPd dan Rini Setiyowati SPd MPd. 

BACA JUGA:Ini Jadwal Penukaran Uang Pecahan Baru

Hadir dalam pembukaan kegiatan PPM tersebut, Kepala SMP Negeri 6 Talang Kelapa Dra Ersusanti dan Pengawas Drs Masdar MSi.

Kegiatan PPM dilaksanakan bertahap hingga 30 September 2022 mendatang. Yang pertama pada Kamis (18/8/2022) dimulai dengan fase pendampingan secara luring atau offline. Kemudian dilanjutkan kegiatan mandiri oleh guru dan pendampingan daring melalui zoom.

"Jadi tujuan kegiatan ini memberikan pendampingan kepada guru-guru untuk mengintegrasikan konsep TPACK," kata Ketua Tim PPM, Dra Umi Chotimah MPd PhD, Jumat (19/18). 

Dia menjelaskan, integrasi konsep TPACK yang dimaksud adalah mulai dari penyusunan rencana pembelajaran, pengelolaan kelas, pemanfaatan media berbasis TIK, mataupun saat melakukan evaluasi pembelajaran di kelas.

"Semoga dengan adanya kegiatan pendampingan ini, akan mendukung pembelajaran lebih efektif dan efisien," ujar Umi Chotimah. 

BACA JUGA:Turunkan Gula Darah dengan Jus Buah ini

Lebih jauh dijelaskan Umi Chotimah, bahwa kerangka kerja TPACK menguraikan bagaimana konten (apa yang diajarkan) dan pedagogi (bagaimana guru menyampaikan konten itu) harus membentuk dasar untuk integrasi pendidikan yang efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: