Miris, Warga dan Pelajar Desa Ini Harus Lalui Jalan Rusak dan Berlumpur

Miris, Warga dan Pelajar Desa Ini Harus Lalui Jalan Rusak dan Berlumpur

Para pelajar di Desa Sumber Jaya tampak melintasi akses jalan utama yang kondisinya masih dipenuhi lumpur, Selasa (17/8/2022).---

SUMEKS.CO, MUARADUA - Demi mengenyam pendidikan, para pelajar dan petani di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Kabupaten OKU Selatan harus rela melintasi akses jalan yang dipenuhi lumpur.

Jalan yang menjadi akses utama itu mengalami rusak parah, terlebih jika musim penghujan penghujan seperti hari terakhir ini. Jalan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. 

Dari pantauan harianokus.com, tampa pengendara motor harus bersusah payah melewati jalan yang dipenuhi kubangan air dan tanah liat sepanjang 3 hingga 4 KM.

Bahkan beberapa pengendara terpaksa harus memakai tambahan lilitan rantai dimasing-masing roda motor agar tidak terjatuh saat melintasi jalan yang licin tersebut.

BACA JUGA:Jalan Rusak, Pengendara Jadi Korban

Selain itu, tampak para siswa-siswi harus melepas sepatu mereka untuk melalui jalan tersebut.

"Yah beginilah pak kondisinya, jika jalan kita habis hujan. Harus susah payah, kalau mobil sudah pasti dak bisa, kalau habis hujan seperti ini," ujar Edi Prawito, salah satu orang tua siswa warga Desa Sumber Jaya.

Selaku petani didesa tersebut, dirinya mengeluhkan kondisi jalan desa wilayahnya. Karena saat musim hujan tiba, sudah pasti kesulitan untuk mengeluarkan hasil bumi untuk dijual keluar.

"Sedih pak, apalagi ini sudah saya rasakan hampir puluhan tahun didesa ini. Belum pernah kami rasakan akses jalan yang bagus seperti wilayah desa lain," beber pria yang berprofesi petani kopi itu.

BACA JUGA:Musim Hujan, Pengendara Keluhkan Jalan Rusak

Sementara itu, Sujarwo selaku Kepala Desa Sumber Jaya saat dibincangi tak menampik kondisi memprihatinkan akses jalan diwilayahnya desanya. Terutama saat kondisi musim penghujan.

"Bisa dibilang hampir seluruh jalan utama kita ini, sudah tidak layak. Karena jalan tanah liat campur batu. Kalau sudah disiram hujan, hampir pasti banyak kendaraan yang macet dijalan karena lumpur," ujarnya.

Untuk akses jalan diwilayah desanya, Kepala Desa Sumber Jaya Sujarwo, mengaku setidaknya ada 3 sampai 4 KM jalan yang perlu perhatian dan perbaikan dari pemerintah. setidaknya terdapat 3 titik jalan yang sangat parah dilewati, karena karena jalan tersebut terjal tebing.

Menurutnya untuk akses jalan yang rusak ini, harus dialami warganya sejak lama. Beberapa titik jalan desa memang pernah dilakukan perbaikan, melalui sumber aspirasi dewan, maupun swadaya masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harianokus.com