Ditengah 'Panas' Kasus Ferdy Sambo, Jenderal Hoegeng Diusul Jadi Pahlawan Nasional

Ditengah 'Panas' Kasus Ferdy Sambo, Jenderal  Hoegeng Diusul Jadi Pahlawan Nasional

Kapolri pada masanya, Jenderal (Pol) Hoegeng Iman Santoso (Instagram)----

JAKARTA - Sahabat Polisi Indonesia secara resmi mengusulkan Jenderal (Pol) Hoegeng Iman Santoso menjadi pahlawan nasional.

Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh beralasan Jenderal Hoegeng adalah role model sosok polisi yang bersih dan berintegritas, yang dibutuhkan oleh publik dan anggota Polri di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:PPATK Diminta Usut Transaksi Gelap di Rekening Ferdy Sambo

“Dalam momentum peringatan HUT RI Ke-77, Sahabat Polisi Indonesia secara resmi mengusulkan Bapak Jenderal Hoegeng sebagai pahlawan nasional. Bagi kami, Jenderal Hoegeng memiliki tingkat kelayakan yang lebih dari cukup,” ujar Fonda dalam keterangan tertulis, Rabu 17 Agustus 2022 sore.

Menurut Fonda, di tengah berkurangnya kepercayaan publik kepada institusi Polri imbas kasus pembunuhan Brigadir J, dengan tersangka Jenderal Ferdy Sambo masyarakat dan seluruh anggota kepolisian harus diingatkan kembali dengan perilaku dan sikap Jenderal Hoegeng yang anti korupsi.

Hoegeng, ungkap Fonda, juga menjadi figur yang berkomitmen menegakkan hukum tanpa pandang bulu.

“Di tengah situasi sekarang, siapa lagi yang bisa jadi panutan anggota Polri selain Jenderal Hoegeng. Sekitar 450 ribu orang anggota Polri itu butuh figur yang layak menjadi contoh dalam bersikap dan berperilaku sebagai penegak hukum dan pelayan masyarakat,” tegasnya.

BACA JUGA:Ini 4 Tokoh yang Diberi Gelar Pahlawan oleh Presiden, Berikut Profil Lengkapnya

Fonda kemudian mengisahkan salah satu cerita tentang sikap Hoegeng yang pernah membuat heboh seisi kota Medan.

Hoegeng yang menjadi perwira muda, dengan sengaja mengeluarkan perabotan rumah tangga dan barang-barang mewah lantaran mengetahui barang tersebut berasal dari bandar penyelundup yang berusaha menyuapnya.

“Jenderal Hoegeng tak mau terima sogokan dan siap hidup sederhana. Ini keteladanan dan sikap Kepahlawanan,” tambah dia.

Fonda pun mengaku organisasinya akan segera berkomunikasi secara resmi dengan Kementerian Sosial dan seluruh pihak terkait.

Mantan aktivis pemuda ini mengklaim organisasinya akan menjadi pihak pertama yang mendaftarkan Jenderal Hoegeng sebagai calon pahlawan nasional. (fin)

 

Sumber: